Selasa, 20 Juni 2017

Selaq: Kampung Hantu dengan Praktik Ilmu Hitam dan Makhluk Jadi-jadian

Tags


Sobat hantupedia bisa bayangin gimana seremnya kalo tiba-tiba ketika melintasi sebuah jalan, lalu ada satu sosok makhluk halus yang menampakkan dirinya didepan kita. Tentu situasi itu cukup mengerikan. Lalu bayangkan saja, bila bukan hanya sekali saja mereka menampakkan dirinya dihadapan kita yang sedang melintasi jalan tersebut. Tak jauh dari lokasi tadi, sobat hantupedia melihat sosok seram yang lainnya lagi. Begitu pula beberapa meter di depannya. Tentu anda akan merasa mistis dong! Ketemu hantu satu aja udah ngeri banget, apalagi dua atau tiga sekaligus. Nah, kejadian tersebut mungkin saja terjadi bila yang kita lewati adalah sebuah kampung hantu.

Kami tidak berbicara tentang kampung hantu dan siluman gaib seperti yang pernah kami ulas dalam artikel sebelumnya. Kampung hantu dan lelembut yang gaib tersebut bisa ditemukan di daerah hutan atau pegunungan, dan spot-spot yang sejak zaman dahulu sudah dikenal sebagai tempat yang astral dan mengandung unsur klenik yang kental. Namun, kami membicarakan satu kampung asli! kampung dimana kita bangsa manusia tinggal. Tepatnya di Lombok, menurut beberapa sumber terletak di daerah dusun kilang di kecamatan montong Gading. Kita bisa menemukan lokasi Kampung hantu tersebut. Kampung itu diberi nama “Selaq” oleh masyarakat.

Asal-usul dusun Selaq yang membuat bulu kuduk bergidik

berbicara tentang hal-hal anomali yang terjadi pada kampung hantu di daerah ini, kita tidak bisa melewati kisah asal usulnya yang memang sudah mendarah-daging di daerah tersebut. Menurut penuturan banyak orang yang memang telah tinggal di daerah tersebut selama bertahun-tahun. Sebenarnya asal usul dusun hantu kampung selaq tersebut erat kaitannya dengan kehidupan penduduk di kampung tersebut. Capsa Susun Online

peperangan di Lombok dan asal usul seram kampung hantu selaq

Konon, di masa lalu ketika di daerah tersebut masih merpakan daerah dengan kerajaan besar yang berdiri. Kampung tersebut merupakan kampung yang penduduknya kebanyakan adalah Menak (abdi dan punggawa) dari kerajaan tersebut. Sehingga sudah menjadi sebuah hal wajib bagi mereka untuk ikut serta terlibat dalam beberapa peperangan bela kerajaan yang terjadi kala itu.

Para pejuang-pejuang medan perang dari kampung selaq itu konon membekali diri mereka dengan ilmu-ilmu kanuragan yang hebat dan sakti mandraguna. Kekuatan kebal senjata dan kekuatan yang menakjubkan di dapatkan oleh mereka dengan melakukan kesepakatan dengan para iblis dan siluman. Ilmu hitam mereka kemudian membuat mereka harus memenuhi semacam ritual dan terus menerus akan diturunkan pada keturunan-keturunan mereka selanjutnya. Itulah kenapa di kampung selaq ini kerap kali muncul sosok menakutkan yang berkeliaran.

Kemunculan sosok makhluk menyeramkan yang diyakini karena praktik ilmu hitam

Kata “Selaq” sendiri sebenarnya secara terminologi dari bahasa daerah di Lombok berarti “Salah” atau bisa juga dimaknai “Seram”. Istilah itu diberikan kepada kampung hantu di Lombok Timur itu tak lain karena memang ada ilmu hitam yang “menyalahi” keidah agama. Pula karena banyak dikarenakan ada kemunculan makhluk-makhluk seram di daerah tersebut. Kemunculan makhluk-makhluk menyeramkan tersebut tak ubahnya merupakan dosa-dosa di masa lalu yang dilakukan oleh para leluhur mereka.

hantu dan siluman di kampung hantu selaq lombok

Mereka yang terlahir sebagai keturunan-keturunan para ksatria gagah berani peperangan masa lalu tersebut melanjutkan kesepakatan leluhurnya dengan para siluman. Memberikan mereka hanya dua pilihan, yakni hidup dengan membawa serta kemalangan sebagai budak siluman atau mati. Ilmu hitam tersebut ditengarai masih melekat kental di daerah tersebut, dan susah membedakan antara mana yang mewarisi ilmu hitam atau tidak di daerah tersebut. Bandar Sakong Online

Menurut beberapa saksi mata yang pernah menyaksikan langsung kemunculan makhluk-makhluk di kampung hantu tersebut. Kebanyakan mengatakan bahwa kemunculan mereka biasanya jatuh pada hari pertama hujan setelah musim kemarau. Biasanya mereka akan memenuhi jalan-jalan perkampungan dari selepas waktu maghrib hingga menjelang subuh. Hingga sudah seperti kebiasaan masyarakat sekitar desa tersebut untuk tidak keluar malam di hari pertama hujan turun setelah musim kemarau. Makhluk-makhluk mengerikan yang muncul bermacam-macam. Ada yang seperti gabungan antara hewan liar dengan manusia, wanita kurus dengan rambut yang sangat panjang, siluman ular, monster berperut besar atau bermata satu, makhluk bertanduk dan lainnya.

Apa yang harus kita lakukan bila harus melintasi kampung hantu tersebut?

Sebenarnya sosok-sosok makhluk menyeramkan yang ada di dusun Selaq itu tidak memiliki niyat untuk menyakiti manusia. Hanya saja mereka suka menakut-nakuti dengan menampakkan diri dengan sosok yang seram kepada orang yang melintasi daerah tersebut. Menurut masyarakat sekitar yang sudah terbiasa dengan hal-hal mistis semacam itu, ketika kita melintasi daerah yang banyak terdapat sosok-sosok mengerikan itu. Maka hal terpenting adalah agar kita tidak takut. Kita harus memberanikan diri untuk menghadapi mereka. Karena menurut penuturan warga, semakin takut seseorang maka semakin gencar pula mereka akan menakut-nakuti.



EmoticonEmoticon