Minggu, 11 Juni 2017

Kaboter: Misteri Dunia Liliput dan Cerita Legenda Penuh Misteri di SulawesiLegenda

Tags


Dimalam yang sunyi senyap ketika orang lain sedang tidur, sobat hantupedia pasti beberapa kali mendengar satu suara berisik dari arah pepohonan atau semak-semak. Suara itu mungkin berasal dari ranting yang patah atau dedaunan yang jatuh dari dahan pohon. Tidak ada sebuah kecurigaan pada hal itu di benak anda. Hal itu merupakan sebuah kejadian alami yang sering terjadi. Bukan suatu hal yang perlu dipermasalahkan.

Namun, pernahkan sobat hantupedia coba untuk bertanya-tanya dalam hati kecil anda. Pertanyaan yang diawali dengan kata-kata “bagaimana bila…” pada setiap baris kalimat-kalimat selanjutnya. Bagaimana bila ternyata suara-suara remeh yang biasa tersebut bukanlah suara-suara biasa? Bagaimana bila ternyata patahnya ranting pohon atau daun yang gugur di malam sunyi itu merupakan ulah perbuatan sesorang? Bagaimana bila ternyata ada mereka yang tidak bisa kita awasi keberadaannya sedang tertawa diantara berisik suara-suara yang mereka buat disana?

Pertanyaan-pertanyaan itu tentu akan membersitkan banyak retorika pada hal-hal baru yang belum pernah kita pikirkan sebelumnya. Asal sobat hantupedia tahu, di Sulawesi. Tepatnya di tanah Manado dan Minahasa yang mendominasi wilayahnya. Penduduk disana memiliki kepercayaan bahwa suara-suara berisik yang berasal dari bingar tanaman dan rerumputan di halaman rumah maupun hutan bukanlah suara biasa. Namun, mereka percaya, bahwa suara itu berasal dari satu sosok astral yang dikenal dalam banyak cerita legenda disana dengan nama Kaboter. Bandar Sakong Online

Tuyul versi tanah Sulawesi? 

Memang bila diperhatikan dari banyak penuturan cerita mistis dan legenda yang ada. Baik tuyul dan Kaboter merupakan dua makhluk astral yang suka bermain. Namun ada beberapa perbedaan nyata yang tidak bisa kita lewati begitu saja dalam perbandingan kedua sosok ini. Kaboter memiliki ukuran yang terlampau lebih kecil daripada tuyul. Definisi sosok kaboter lebih cocok bila disematkan mirip dengan peri atau liliput. Selain itu, kaboter tidak dipergunakan untuk mencuri uang seperti tuyul.

Perbedaan lainnya juga terletak kepada bentuk wajah dari kedua sosok tersebut. Tuyul sering digambarkan sebagai sosok kerdil dengan wajah anak-anak kecil. Sedangkan Kaboter sendiri dijelaskan memiliki postur badan seperti manusia dewasa dengan ukuran yang sangat kecil sekali. Disamping fakta tersebut, ada satu hantu manusia kecil yang bernama hantu Lo’lok (terkenal di daerah Minahasa) dengan bentuk badan yang lebih mirip dengan tuyul.

Misteri dunia liliput sosok kaboter dan keseimbangan alam

Dalam pemaparan diatas sudah jelas sosok kaboter merupakan salah satu misteri dunia yang tidak diketahui kebenarannya. Banyak kisah-kisah legenda dan mitos yang berkembang dalam banyak kehidupan masyarakat tentang sosok yang satu ini. Penggambaran kehidupan sosok kecil inipun mirip seperti yang digambarkan dalam film-film yang mengangkat tema fantasi tentang peri atau liliput. Kaboter lebih fokus pada kehidupan koloninya dan tidak ingin ikut campur dalam kehidupan manusia walaupun sebenarnya keberadaan mereka sangat dekat dengan kita.

Sampai sekarangpun belum ada kasus yang menyatakan bahwa sosok ini membahayakan atau pernah menyakiti manusia. Terlepas dari keberadaannya yang sulit untuk disadari oleh manusia. Makhluk ghaib yang ditengarai bisa berkamuflase karena warna kulit mereka yang hijau ini dipercaya bermanfaat eksistensinya. Banyak orang percaya bahwa makhluk kecil melegenda ini membantu keseimbangan alam dengan menyuburkan tanaman, menyerbukkan serbuk sari dan menyebarkan biji-bijian agar tumbuh subur.

Cara bertemu dan melihat sosok kaboter?

menaburkan kacang hijau untuk menarik perhatian liliput kaboterTentu ada rasa penasaran dan ingin tahu lebih dalam pada sosok misterius bernama kaboter ini. Disisi lain tentang sosoknya yang menjadimisteri dunia dan melegenda. Ternyata ada satu cara yang dipercaya oleh banyak orang Manado dan Minahasa sebagai metode untuk bisa melihat sosok kaboter ini. Sosok kaboter yang kecil dan sering bersembunyilah yang membuat kita tidak bisa menyadari keberadaan mereka. Namun ada cara agar mereka tidak bersembunyi dari kita. Bahkan mereka malah akan menampakkan dirinya dihadapan kita. Capsa Susun Online

Beberapa sumber mengatakan bahwa bila kita ingin bisa melihat sosok ini, terlebih dahulu kita harus menaburkan benih-benih kacang hijau di area-area yang ditengarai merupakan tempat yang sering disambangi oleh kaboter. Misalnya adalah lingkungan yang banyak dipenuhi tumbuhan nan subur. Bila anda beruntung, kaboter akan melihat hal tersebut dan mengira bahwa anda mengajaknya bermain dengan anda. Berani coba?