Sabtu, 03 Juni 2017

Mengintip The Golden Tooling, Al-Quran Berumur 500 Tahun yang Terbuat dari Emas

Tags

Alquran ini bernilai jutaan dolar US

Alquran adalah kitab suci yang diturunkan Allah kepada umat Islam sebagai pegangan hidup utama selain hadist. Sebab itulah, Alquran senantiasa dibaca seorang Muslim dalam kesehariannya. Terlebih saat bulan Ramadhan seperti saat ini. Nah, kalau jaman dulu Alquran ditulis di atas lembaran daun dan kulit hewan, kini kebanyakan telah dicetak dalam kertas.


Namun keluarga kaya di Abu Dhabi Uni Emirat Arab yang menyimpan Alquran istimewa. Ya, Alquran yang mereka miliki terbuat dari emas. Tak hanya itu, usia Alquran milik keluarga Mohammad Haris tersebut telah berusia 500 tahun.

Alquran Emas Dijuluki Golden Tooling Quran

Alquran emas itu awalnya diberikan oleh seorang bernama Ismail Bin Kassim, yang tak lain adalah saudara kandung Aishah Kassim yang merupakan istri dari Mohammad Haris.  Benda itu merupakan warisan keluarga yang diberikan di Malaysia pada tahun 2009. Konon The Golden Tooling Quran dibuat selama pemerintahan Ottoman masih berkuasa.

Terdiri dari 28 Set Berlapis Emas 22 Karat


Haris menjelaskan jika The Golden Tooling Quran terdiri dari 28 set. Masing-masing set terdiri dari 19 sampai 20 bagian. Lelaki berusia 41 tahun itupun menjelaskan jika teks tertulis dalam naskah Othmani. Terhitung ada sebanyak 14 kotak berlapis emas yang menyimpan 28 set The Golden Tooling Quran. Salah satunya itu yang diberikan pada istrinya, Aishah Kassim. Sisa 13 kotak dimiliki ipar-ipar  Haris di Malaysia.

 Sejarah The Golden Tooling Quran


Tidak mudah bagi Haris untuk membawa The Golden Tooling Quran dan dokumen yang melengkapinya. Ia membutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk memboyong benda ini dari Malaysia. Setelah mengurus banyak hal, Haris dan keluarganya pun bisa membawa Alquran emas bersama dengan izin untuk menyekspornya dari Malaysia. Selain itu, keluarga ini pun memiliki sertifikat dan sejarah The Golden Tooling Quran. Dokumen kepemilikan memuat fakta jika Alquran itu berasal dari sekitar abad 16 sampai 18. Tertulis pula bahwa orang-orang Arab membawa The Golden Tooling Quran ke China pada masa pemerintahan Kekaisaran Ottoman sebelum akhirnya dibawa ke Malaysia di tahun 1971.

Harga Alquran Ini Mencapai Jutaan Dollar


Haris menjelaskan jika Alquran emas ini merupakan barang langka yang diinginkan banyak orang. Dan harganya juga terbilang fantastis hingga mencapai jutaan dolar di pasaran. Namun Haris meyakini bahwa Alquran tidak boleh dijual untuk kepentingan pribadi, tapi jika tujuannya untuk membuka pusat studi Islam dan warisan budaya, dirinya pun tak keberatan melepas benda berharga tersebut. Sebab niatannya untuk mewujudkan usaha amal dan mempromosikan Islam kepada dunia.

Haris Mengaku Tentram Alquran Emas Berada di Rumahnya


Terhitung hingga saat ini, Haris dan keluarganya telah lima tahun menyimpan The Golden Tooling Quran. Haris pun merasa Alquran memberi kemakmuran bagi dirinya dan keluarga. Keberuntungan pun selalu datang padanya di tempat kerja. Ia pun turut bahagia melihat istri dan anak-anaknya sangat menikmati membaca Alquran emas selama bulan Ramadhan.
Sensasi membaca Alquran langka berlapis emas mungkin sangat menyenangkan. Apalagi Alquran ini telah berumur 500 tahun, pasti rasanya berbeda. Tapi takpunya Alquran emas pun nggak masalah, sebab pahala yang didapat bukan dari seberapa mahal bahan Alquran-nya. Melainkan seberapa sering kita membaca, memahami, serta mengamalkan makna di dalamnya.Domino QQ


EmoticonEmoticon