Rabu, 21 Juni 2017

5 Mitos Gunung Ciremai Jawa Barat

Tags


Gunung Ciremai adalah salah satu gunung berapi di Indonesia yang mempunyai dua kawah utama yang terletak di Tiga kabupaten, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Diatas puncak gunung berbentuk kerucut ini terdapat dua kawah utama yang berdiameter 400m dan 600m. Gunung Ciremai secara khusus dan resmi dikelola oleh pihak pengurus Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), dengan luasnya 15.000 hektar.

Dengan ketinggian 3078 meter di atas permukaan laut, Gunung Ciremai mempunyai daya tarik tersendiri yang akan menarik perhatian bagi para pendaki untuk menjelajahinya. Tetapi apakah kamu tahu? Ternyata Gunung Ciremai menyimpan banyak sekali mitos.

Berikut adalah Lima Mitos Gunung Ciremai, seperti yang dilansir oleh paling-unik.com.


1. Air Seni Tidak Boleh Menyentuh Bumi

Salah satu mitos yang berkembang soal Gunung Ciremai yakni larangan membuang air seni ke tanah. umumnya pantangan itu diberitahu oleh Juru kunci Ceremai kepada para pendaki gunung paling tinggi di Jawa Barat itu. Bandar Sakong Online

Konon, kalau tidak dituruti akan mendapat musibah. Oleh sebab itu, tidak jarang banyak dahan dan ranting pohon di rute pendakian Gunung Ceremai digantungi plastik atau botol plastik yang berisi air seni. Namun demikian, banyak juga orang yang tidak yakin dan tetap buang air seni seperti biasa.


2. Sarang Harimau Bermata Satu

Konon kabarnya Gunung Ceremai jadi sarang harimau bermata satu. Menurut legenda, makhluk itu adalah tunggangan sekaligus sekutu dari Nini Pelet.

Kabarnya, harimau bermata satu itu tinggal di antara rimbun ranting kering yang menyerupai goa di gunung itu. Dari lokasi itu akan nampak hamparan langit dan awan yg luas.Tidak cuma itu, latar gunung Slamet juga akan kelihatan jelas dari lokasi itu.


3. Batu Lingga keramat

Di Gunung Ceremai terdapat banyaknya pos atau blok yang dipercaya mempunyai aura mistis. Salah satunya yakni blok Batu Lingga. Warga setempat bahkan sangat mensakralkan lokasi itu. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, para pendaki bahkan dilarang menduduki satu buah batu agung atau berbuat yang tidak senonoh di lokasi itu.

Konon batu-batu di tempat itu jadi lokasi pertapaan Nini Pelet. Batu itu juga kabarnya sempat jadi tempat khutbah salah seseorang wali songgo. Di dekat Batu Lingga pun terdapat suatu kenangan satu orang pendaki yang meninggal. Kabarnya pendaki itu meninggal dengan aneh di Batu Lingga.

Menurut kepercayaan, blok Batu Lingga dijaga oleh dua makhluk halus bernama Aki dan Nini Serentet Buntet.


4. Kerajaan Nini Pelet

Konon, Gunung Ceremai dipercaya juga sebagai singgasana kerajaan Nini Pelet. Menurut Masruri dalam bukunya berjudul : Rahasia Pelet, Nini Pelet ini yaitu tokoh yang mempunyai kesaktian hebat, khususnya di bidang percintaan. Beliau merupakan tokoh yang merebut kitab “Mantra Asmara” ciptaan tokoh sakti bernama Ki Buyut Mangun Tapa.

Salah satu isi dari ajian dalam kitab tersebut yaitu ilmu “Jaran Goyang” yang dikenal ampuh mengikat hati lawan jenis. Uniknya, ilmu itu selama ini masih dipelajari oleh kebanyakan orang, terutama para paranormal. Capsa Susun Online


5. Injak Tanah 3 Kali Untuk Menghindari Hantu

Menurut Juru Kunci Gunung Ciremai, apabila kita tak mau diganggu oleh Makhluk Halus dan ingin selamat, injak bumi sebanyak tiga kali lalu ucapkan salam. Ritual ini berpercaya bahwa Makhluk Halus yang menguasai lokasi itu, tak akan marah dan merasa tersinggung jika ada manusia yang datang.