Rabu, 26 Juli 2017

Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas

Tags

Uang legendaris ini diyakini mengandung emas, nyatanya?

Pada masanya, uang logam nominal 500 rupiah tahun 1991 sempat menghebohkan lantaran diisukan memiliki kandungan emas di dalamnya. Sebab jika dilihat, uang tersebut memiliki warna kuning mengkilap layaknya emas asli. Tak heran, orang-orang berbondong-bondong mengubah uang koin tersebut menjadi bentuk cincin. Bahkan kala itu, ada tukang perhiasan berkeliling menawarkan jasa pembuatan cincin dari uang bergambar bunga melati itu.


Situs Poker Online : Meski puluhan tahun berlalu sejak tak lagi digunakannya uang koin tersebut, banyak masyarakat masih penasaran terhadap ada atau tidaknya kandungan emas di dalam koin. Lantas apa sebenarnya bahan yang membuat koin 500 rupiah legendaris itu? Yuk kita cari jawabannya di sini.

Ini Kemungkinan Uang Koin 500 Tahun 1991 Mengandung Emas

Biaya produksi sebuah uang koin meliputi kandungan nilai bahan baku dan teknologi (nilai interinsik) harus lebih rendah dari nominal yang tertera pada uangnya. Misal, sebuah uang koin Rp 500 pasti diproduksi dengan menghabiskan biaya kurang dari Rp 500. Hal ini dijelaskan oleh Kepala Departemen Cetak Uang Logam dan Logam Non Uang Peruri pada 29 Mei 2013 silam. Berdasarkan kenyataan ini, mungkinkah uang koin 500 keluaran tahun 1991 mengandung emas? Tentu tidak mungkin. Sebab harga emas yang mahal jelas tidak memenuhi syarat untuk produksi uang tersebut.

Bahan Ini Membuat Uang Koin 500 Tahun 1991 Terlihat Seperti Mengandung Emas

Jika kamu memperhatikan baik-baik koin Rp 500 keluaran tahun 1991, maka akan terlihat warna kuning cemerlang yang tak kunjung pudar meski telah bertahun-tahun. Maka tak heran jika banyak orang yang menyangka ada kandungan emas di uang logam ini. Kenyataannya, pemerintah menggunakan alumunium brown sebagai bahan pembuatan uang tersebut. Sifatnya yang tak mudah berubah warna membuat logam ini disangka sebagai emas.

Kebanyakan Uang Logam Terbuat dari Alumunium

Kebanyakan uang koin rupiah dicetak dari logam alumunium, nikel, dan kuningan. Namun yang paling banyak digunakan umumnya adalah alumunium. Sebab logam ini keberadaannya sangat melimpah dan harganya pun murah. Termasuk uang logam Rp 500 yang juga dibuat dari bahan dasar alumunium brown.

Inilah Uang Logam Keluaran Bank Indonesia yang Benar-Benar Mengandung Emas

Setelah tahu dengan jelas bahwa uang koin tahun 1991 tidak mengandung emas, sekarang kita harus mengenal mana koin dari Bank Indonesia yang benar-benar mengandung emas. Uang-uang koin tersebut memang sengaja dibuat pemerintah namun hanya sebagai koleksi BI. Tentu uang-uang tersebut tidak disebarkan secara luas dan juga diproduksi secara terbatas.
Uang logam emas memiliki beberapa seri di antaranya seri 25 tahun Kemerdekaan RI, seri perjuangan angkatan 45, seri save the children, seri cagar alam, seri children of the world, seri 50 tahun kemerdekaan RI, dan  seri 10 tahun pemimpin RI. Bahkan uang-uang koin tersebut ada yang memiliki kandungan emas hingga mencapai 99,99%. Nominal yang tertera pun beragam mulai dari Rp 5000 sampai Rp 850000.

Kesimpulannya, isu tentang uang Domino QQ koin keluaran tahun 1991 mengandung logam mulia emas tentu tidak benar. Uang logam tersebut hanya berbahan alumunium brown sehingga memiliki warna yang tidak mudah berubah. Nah, kamu dulu termasuk orang yang percaya atau tidak terhadap isu ini? Sumber