Selasa, 10 Januari 2017

Rekaman CCTV Teleportasi Super Hero di Cina Adalah Viral Marketing

Tags

Hampir setiap hari saya mendapatkan pertanyaan soal rekaman CCTV teleportasi super hero di Cina. Bahkan walaupun sudah saya jawab berkali-kali, pertanyaan yang sama selalu diajukan kembali. Jadi supaya saya tidak terus memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut, saya posting sekarang supaya jelas.

Rekaman CCTV di Cina yang menunjukkan seorang super hero berkecepatan tinggi menyelamatkan seorang pengendara sepeda ini sudah muncul sejak September 2012 dan saya tahu banyak dari kalian sudah mengetahui penjelasannya.


 
Pada saat pengendara sepeda tersebut hampir tertabrak, seseorang dengan gerakan secepat kilat (Flash level) dari arah kanan video datang menyelamatkannya. Rekaman ini "Too good to be true". Dan tentu saja, rekaman ini adalah rekaman rekayasa. 

Satu hal yang harus diingat adalah, walaupun sebuah rekaman terlihat seperti diambil oleh sebuah kamera CCTV, tidak berarti rekaman tersebut bukan rekayasa. 

Tidak perlu analisis mendalam untuk mengetahui jawabannya. Video ini sesungguhnya hanyalah sebuah viral marketing yang dibuat sebuah perusahaan bernama Perfect World untuk mempromosikan game Zhu Xian II (Di Amerika game ini dikenal dengan nama Jade Dinasty). Tokoh yang muncul dalam video CCTV itu direpresentasikan oleh Dragon Totem Girl.
Berikut adalah website yang mempromosikan tokoh tersebut:http://x.wanmei.com.

Dalam website tersebut kita bisa menemukan Dragon Totem Girl dan rekaman CCTV tersebut. That's it. Paling tidak para pembaca yang belum sempat mampir ke blog yang membahas soal ini bisa mengatahuinya sekarang.

UPDATE 29 Mei 2013

Saya mengira para pembaca akan cukup puas dengan jawaban yang saya berikan. Namun ternyata masih ada pembaca yang berkata,"Bagaimana jika pembuat game Zhu Xian hanya memanfaatkan rekaman tersebut untuk kepopuleran mereka?"

Dengan kata lain, masih ada pembaca yang percaya kalau rekaman tersebut menunjukkan proses teleportasi asli.

Tentu saja kita tidak akan pernah bisa selesai berdebat jika kita memasukkan teori konspirasi ke dalam rekaman ini dan saya memang tidak berniat untuk mendebatkannya dengan para penganut teori konspirasi. Namun saya memutuskan untuk sedikit menambah bukti bahwa video ini adalah sebuah viral marketing. Jadi saya melacak asal-usul rekaman tersebut dan menemukan bukti sebagai berikut:

Sumber pertama yang menjadi rujukan berita ini adalah website berita Jepang yukawanet.com yang mempostingnya tanggal 15 September 2012. Berikut adalah screenshotnya.

Di videonya jelas terdapat sebuah akun twitter @TheUFOReporter. Jika kita melihat kepada blog misteri lain yang memberitakan video ini, dalam hal ini thetruthbehindthescenes.org, maka akun yang sama akan disebut kembali sebagai sumbernya.

Jadi, kita perlu meneliti akun twitter tersebut. Jika kita masuk ke akun twitter tersebut, kita akan menemukan kalau akun itu pertama kali dibuat pada tanggal 14 September 2012. 

Kita bisa melihat kalau twit pertamanya diposting tanggal 14 September 2012. Kalian yang memiliki akun twitter seperti ubersocial juga bisa melihat dengan jelas kapan akun tersebut dibuat. Tanggal 15 September akun itu memposting twit yang berisi link ke video youtube teleportasi tersebut. Dan setelah tanggal itu, rekaman tersebut menjadi viral. Namun sama seperti ciri viral marketing lainnya, video yang diupload tersebut sudah lenyap dari youtube. Bukan hanya itu, bahkan akun youtube TheUFOReporter juga ikut dihapus. 

Namun rekaman yang diuploadnya terlanjur didownload oleh banyak orang dan diupload kembali ke youtube.

Jadi, jelas sekali kalau rekaman ini adalah pola viral marketing. Sebuah akun twitter sengaja dibuat pada tanggal 14 September 2012. Lalu mengupload rekaman tersebut ke youtube. Dalam beberapa hari rekaman tersebut diduplikasi oleh banyak orang dan diberitakan oleh media-media, sedangkan akun yang pertama kali menyebarkannya dihapus.
Namun, jika ada di antara kalian yang masih percaya kalau rekaman tersebut asli, saya tidak akan memaksa anda.



EmoticonEmoticon