Minggu, 01 Januari 2017

Hantu Jeruk Purut Dan Asal Usulnya

Tags


Pernah dengan hantu jeruk purut? Ya saking seringnya kisahnya diperbincangkan sampai-sampai ada film yang mengangkat cerita tentang hantu TPU jeruk purut. Sebagai penonton yang pernah menyaksikan tentunya kita kerap bertanya-tanya apakah cerita tersebut merupakan kisah nyata atau sekedar cerita horor yang diada-ada dan fiktif berlaka.

Untuk itu catatan di bawah ini sengaja kita publikasikan sebagai upaya mencari tahu asal usul cerita hantu di TPU jeruk purut. Jeruk Purut yang kerap dikaitkan dengan kisah mistis sebenarnya merupakan tempat pemakaman umum (TPU) di daerah Jakarta Selatan. Area pemakaman yang luasnya lebih dari 9 hektare selain dikenal sebagai pemakaman luas juga dikenal sebagai tempat paling seram di jakarta.

Bukan hanya karena keadaannya yang sepi namun karena banyaknya penampakan dan cerita hantu yang sering terjadi di lokasi tersebut.
Jenis Hantu yang Menghuni TPU Jeruk Purut

Sebagian besar masyarakat menganggap jika hantu jeruk purut hanya mengacu pada cerita film yang pernah diputar di layar lebar pada tahun 2006 silam yakni sosok hantu pastur seram yang digambarkan kepalanya terlepas dari badan. Padahal jauh sebelum film horor tersebut dibuat cerita tentang keangkeran TPU Jeruk Purut sangat terkenal di Jakarta. Beberapa hantu yang diyakini menjadi penghuni pemakaman umum tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Hantu Postur kepala Buntung
Kisah yang telah melegenda ini memang sudah cukup lama beredar sebelum tahun 90-an. Beberapa sumber menyebutkan bahwa suatu malam seorang penjaga TPU Jeruk Purut tengah melakukan kegiatan seperti biasa yakni berkeliling pemakaman untuk mengontrol keamanan sekitar.

Sewaktu melintasi salah satu pemakaman yang jauh ke dalam penjaga makam tersebut melihat penampakan sosok lelaki berpakaian layaknya pastur dan diikuti oleh seekor anjing hitam besar. Seramnya lagi hantu tersebut terlihat berkepala buntung dimana kepalanya terlepas dari tubuh dan ditenteng dengan tangannya. Pengalaman penjaga TPU tersebut sempat menggemparkan warga Jakarta Selatan sampai-sampai diangkat sebagai film horor beberapa waktu kemudian.

Genderuwo
Rupanya tak hanya hantu berkepa buntung yang menjadi penghuni TPU Jeruk Purut, terbukti atas penuturan penjaga lainnya yang mengaku pernah melihat sosok hantu bertubuh tinggi besar serta berbulu lebat di sekujur tubuhnya.

Dari cerita tersebut diyakini jika sosok yang dilihat oleh penjaga makam itu adalah sosok genderuwo yang memang menyukai tempat-tempat sepi seperti pemakaman, hutan, rumah kosong, dan lain sebagainya.

Tuyul/ Anak Kecil
Penampakan hantu anak kecil juga pernah diceritakan oleh salah satu penjaga pemakaman umum yang berada di Jakarta Selatan ini. Luasnya area memungkinkan banyaknya makhluk gaib yang dapat menghuni serta bermukim di tempat tersebut.

Sosok hantu anak kecil menyerupai penampakan tuyul kerap terlihat bermain-main di atas batu dan terkadang berlarian dari satu nisan ke nisan yang lain. Meski penjaga pemakaman tersebut kerap melihat sosok penampakan hantu TPU jeruk purut namun tak ada dari mereka yang merasa ketakutan maupun kapok, mereka berfikir jika rejekinya memang berada di tempat itu dan menganggap hal wajar jika melihat penampakan hantu seseram apapun wujudnya.

Selain ketiga jenis hantu yang kerap menampakkan diri di area TPU Jeruk Purut sebenarnya masih banyak, beberapa diantaranya ialah makhluk gaib jenis kuntilanak, siluman ular, wanita tua, hingga beberapa hantu lelaki muda dan tua. Cerita inilah yang kemudian diyakini sebagai asal usul hantu Jeruk Purut hingga saat ini.