Sabtu, 14 Januari 2017

Ciri-Ciri Pring Petuk Asli Dan Cara Merawat Agar Tetap Berkhasiat

Tags

Pring petuk adalah salah satu benda yang diyakini memiliki kekuatan magis yang tidak bisa. Barang ini selain memiliki ciri-ciri uni juga banyak dipercaya dapat mendatangkan rejeki. Tak heran jika para pedagang berani membayar dengan mahar tinggi bambu yang memiliki ciri-ciri pring petuk asli sebagai sarana penglaris dagangan (Baca: Manfaat bambu petuk dan cara menggunakannya).

Namun karena banyaknya pencinta benda bertuah dalam memburu jenis bambu petuk atau bambu ketemu ruas ini membuat oknum yang sengaja membuat kerajinan tangan pring petuk dengan berbagai cara. Naif nya benda yang dihasilkan dari karya tangan itu tak jarang ditawarkan sebagai bambu petuk asli.

Jadi jika Anda tertarik dengan jenis barang langka ini ada baiknya berhati-hati dalam memilih dan membeli. Di bawah ini akan kami singgung mengenai ciri-ciri pring petuk asli dan cara merawatknya agar tetap berkhasiat.

Ciri Pring Petuk Asli

Membedakan antara bambu petuk ketemu ruas yang asli dan palsu sebenarnya cukup mudah dilakukan khususnya bagi kita yang sebelumnya telah akrab dengan benda yang satu ini. Berikut merupakan ciri-ciri dari bambu petuk asli.

Ruas sambungan
Anda pasti setuju jika segala benda buatan manusia tidak sesempurna bentuk alami, ya jika kita cermati antara ruas sambungan bambu petuk palsu akan kita dapati beberapa kejanggalan diantaranya perbedaan antara diameter sisi yang saling berhadapan terlihat hampir sama dan tak lazim. Bentuk ini berbeda dengan pring petuk asli dimana kebanyakan antar ruas yang berhadapan terlihat sidikit membesar di pangkal.

Guratan Melingkar
Sebagian besar bambu ketemu ruas asli memiliki ciri khas pada guratan yang melingkar di kanan kiri ruasnya. Guratan tersebut kadang berbentuk teratur dan kadang tidak teratur tergantung diamerter dan jenis bambu itu sendiri. Ciri utama yang dapat membedakan antara bambu petuk asli dan palsu yakni bentuk geligir guratan tersebut dimana pada benda asli terlihat sangat alami sementara pada benda hasil buatan manusia terlihat seolah ada pori-pori bambu yang terkikis atau lapuk.

Bertuah/ Khodam
Jika pemilik bambu ketemu ruas dengan ciri-ciri palsu tetap bersikukuh jika benda tersebut asli namun untuk masalah khodam tidak dapat lagi dipungkiri. Ciri utama bambu petuk yang asli yakni memiliki khodam di dalamnya dan itulah yang membuat benda tersebut banyak dipergunakan sebagai ajimat kerezekian dan lain sebagainya.

Jika didapati bambu petuk palsu yang terdapat tuahnya bisa dipastikan hal ini terjadi karena adanya kesengajaan seseorang memasukan jin atau makhluk gaib ke dalam benda tersebut. Meskipun tidak semua orang mampu melakukan hal tersebut namun beberapa orang meyakini jika bambu petuk semacam ini dianggap tidak alami dan khasiatnya tidak begitu besar bahkan justru dapat mencelakakan si pemilik.

Cara Merawat Bambu Petuk agar tetap berkhasiat

Seperti yang sudah kita singgung di atas dalam pring petuk asli terdapat khodam yang secara alami masuk ke dalam benda tersebut. Khodam sendiri memilih suatu benda untuk ditempati bukan tanpa sebab melainkan karena benda tersebut memiliki keistimewaan bagi mereka. Untuk itu ada tips cara merawat pring petuk agar tetap berkhasiat.

Jaga kebersihan dan kesucian

Hal utama dan pertama yang wajib kita lakukan dalam merawat bambu petuk yakni menjaganya dari kotoran dan debu. Lebih-lebih jika Anda sudah mengetahui jika benda tersebut memiliki khodam di dalamnya, usahakan tempat penyimpanan terbuat dari kain serta tetap terjaga kesuciannya dari najis.

Rahasiakan dari orang lain
Memiliki benda pusaka sejenis ajimat baiknya Anda rahasiakan dari orang lain sekalipun dia merupakan teman dekat Anda. Pasalnya hal-hal yang berbau mistis kerap membawa petaka jika kita sebar luaskan entah itu pencurian maupun fitnah.

Usaha dan Doa
Agar bambu petuk tetap berkhasiat jangan sekali-kali Anda meninggalkan usaha (kerja) dan berdoa pada Sang Pencipta. Karena seberapa hebatnya benda ajimat yang Anda miliki semua hanya sebatas media dan tak pantas terlalu diagung-agungkan.

Uraian di atas merupakan ulasan mengenai ciri-ciri pring petuk asli dan cara merawatnya agar tetap berkhasiat. Semoga dapat memberikan hiburan sekaligus gambaran tentang apa itu benda bertuah yang banyak digunakan sebagai ajimat kerezekian.


EmoticonEmoticon