Rabu, 25 Januari 2017

Menelisik Kota Gaib Cibola di Meksiko yang Kabarnya Penuh Dengan Emas

Tags


Ketika mendengar kabar tentang keberadaan sebuah kota yang penuh dengan emas, kira-kira apa sih yang bakal kamu lakukan? Jawabannya tentu macam-macam, tapi yang pasti mayoritas bakal mengatakan ingin pergi mencari dan mendapatkan semua emas-emasnya. Tidak ada yang salah dengan ini, mengingat sudah jadi insting manusia untuk mendapatkan kesenangan-kesenangan macam itu.
Respon di atas tadi juga persis ditunjukkan oleh orang-orang dari penjuru dunia begitu mendengar kota bernama Cibola. Dikabarkan, kota ini memang penuh dengan emas, bahkan berserakan di jalan-jalannya. Tercatat sudah banyak ekspedisi yang dilakukan untuk mencapai kota ini. Namun, sampai sekarang belum ada satu pun yang berhasil menemukannya. Ada kabar yang mengatakan jika ini adalah kota gaib, meskipun beberapa orang bilang kalau Cibola sesungguhnya memang ada.
Masih tentang Cibola, berikut adalah fakta-fakta tentang kota emas misterius tersebut.

Kota Emas Cibola yang Melegenda

Legenda tentang keberadaan kota emas Cibola ini banyak diceritakan secara lisan dan turun-temurun sehingga berkembang sampai saat ini. Awal mula legenda kota emas ini sendiri berawal dari ekspedisi Narvaez yang dilakukan oleh orang Spanyol. Berawal dari situ, ekspedisi-ekspedisi lanjutan pun dilakukan sehingga membuat nama Cibola makin bergaung.


Kota Cibola mulai dikenal pada tahun 1539 oleh rumor-rumor yang mengatakan kalau tempat ini menyimpan jutaan emas. Letak kota ini sendiri dipercaya berada di sebuah gurun di Meksiko. Ada juga yang mengatakan kalau Cibola tersembunyi di pelosok-pelosok belantara yang tidak tersentuh manusia.

Banyak yang Meninggal Selama Pencarian Emas di Cibola

Kabar tentang Cibola yang yang diduga penuh dengan emas itu menyebar dengan sangat cepat. Hal ini dibuktikan dengan pahamnya Raja Spanyol Antonio tentang berita ini, padahal letaknya begitu jauh. Tergiur dengan emas tersebut, sang Raja pun segera mengirimkan sejumlah orang untuk melakukan ekspedisi. Pencarian ini dipimpin oleh seorang biarawan Perancis bernama Marcoz de Niza.

Pada awalnya ekspedisi ini diduga bakal berhasil. Namun sayangnya kemudian yang terjadi justru sebaliknya. Hal ini diawali dari kejadian tewasnya seorang budak dalam pencarian ini. Budak bernama Estevanico itu mati lantaran dibunuh. Diduga ia dimatikan oleh para suku yang jadi penghuni Cibola. Tinggal sedikit lagi kota Cibola bisa diraih, sayangnya takdir berkata lain.

Rumah Warga Setempat yang Berhiaskan Emas Permata

Meskipun tak pernah tersentuh, namun ada beberapa orang yang mengaku pernah melihat dengan mata kepala sendiri tentang Cibola ini. Salah satunya adalah seseorang bernama Marcos. Pria ini mengatakan kalau dia melihat dengan nyata si kota emas.

Menurutnya, Cibola memiliki struktur yang sangat bagus dan maju. Dan soal emas, hal tersebut menurut dia adalah hal yang memang ada. Marcos mengatakan melihat rumah-rumah yang dihiasi dengan emas dan permata. Bahkan untuk alat-alat sehari-hari, semuanya terbuat dari emas. Tidak banyak yang percaya dengan Marcos, tapi sebagian orang meyakini jika pria itu memang berkata yang sebenarnya.

Kota Gaib yang Susah Ditemukan

Meski sudah banyak cerita beredar seputar kota Cibola, tapi ternyata banyak yang mengalami kesusahan mencari kota ini. Pada tahun 1541 Francisco Vazquez de Coronado melakukan ekspedisi besar-besaran. Terbayang akan melimpahnya harta yang akan didapat jika berhasil menginjakkan kaki di tanah Cibola, mereka bahkan rela menempuh jarak yang jauh serta memakan waktu yang cukup lama.

Ekpedisi mahal tersebut sayangnya mengalami kegagalan. Mereka tidak menemukan keberadaan Cibola yang banyak diceritakan dan hanya menjumpai desa kecil saja. Tentu hal tersebut di luar prediksi mereka dan kejadian ini pun membuat mereka mengalami kerugian besar. Diketahui saat itu semua orang yang mengikuti ekspedisi ini dibebani dengan hutang yang tak karuan besarnya.
Tentang kebenaran adanya kota Cibola dan banyaknya emas di kota tersebut masih menjadi misteri. Namun, walau demikian telah banyak penelitian yang dilakukan dalam membuktikan keberadaan kota tersebut. Entah mana yang benar, tapi cerita tentang kota Cibola ini memang cukup menarik untuk ditelisik lebih jauh.






EmoticonEmoticon