Jumat, 06 Januari 2017

Misteri Lawang Sewu

Tags

Misteri lawang sewu seakan tak pernah hilang seiring menuanya bangunan yang dibangun pada jaman penjajahan. Kisah penampakan mulai dari noni belanda cantik hingga penampakan pasukan Belanda kerap dilihat oleh orang dari berbagai kalangan. Jangankan cerita pada masyarakat sekitar, kiranya kisah mistis pada salah satu bangunan peninggalan masa lalu ini juga sangat terkenal oleh berbagai kalangan paranormal.

Sebagai sarana hiburan tak jarang lawang sewu yang kini menjadi obyek wisata andalan kota Semarang ini kerap dijadikan sebagai lokasi syuting acara-acara misteri seperti masih dunia lain, dua dunia, mister tukul jalan-jalan, dan lain sebagainya.

Fenomena dan kejadian-kejadian aneh khususnya pada penampakan berbagai macam makhluk tak kasap mata kerap mengundang rasa penasaran bagi setiap orang yang mengunjungi tempat ini.

Gedung yang akrab disebut dengan lawang sewu merupakan gedung Het Hoofdkantoor van de Netherlandsch-Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) yang dulunya dipergunakan sebagai kantor perusahaan kereta api pada masa Hindia-Belanda.

Bangunan yang memiliki arsitetktur Amsterdam ini dibangun selama 3 tahun dan dimulai pada tahun 1904. Terlepas dari sejarah dan asal usul berdirinya bangunan tua ini ternyata menyimpan sejuta kisah misteri. Bangunan yang juga terlihat seperti lorong-lorong panjang di dalamnya ini menjadi lebih angker setelah lama tidak dimanfaatkan.

Salah satu tempat yang menyimpan sejuta misteri yakni sebuah penjara yang berada di bawah tanah. Di sebelah deretan penjara ini pula terdapat sebuah ruangan yang konon dijadikan sebagai tempat eksekusi mati bagi para narapidana.

Kisah cerita yang hingga kini kerap menjadi perbincangan yakni adanya penampakan sosok wanita cantik yang terkenal dengan sebutan hantu noni belanda. Selain penampakan sosok wanita tersebut konon para pengunjung yang memiliki kepekaan indera keenam maupun memiliki kelebihan mampu menerjemahkan penghuni-penghuni gaib yang bersarang di tempat ini.

Tak kurang dari ratusan jenis makhluk gaib konon menjadi penghuni bangunan tua peninggalan pemerintahan Hindia Belanda tersebut. Dari cerita tersebut tak jarang tempat ini dijadikan sebagai tempat ritual kegiatan mistis maupun sekedar dijadikan sebagai lokasi uji nyali bagi orang-orang yang ingin mengetes nyali mereka.

Sedikit gambaran di atas semoga dapat memberikan sedikit referensi dalam menyikapi misteri lawang sewu.