Minggu, 15 Januari 2017

10 Makhluk Mitologi Arab Jahiliyah

Tags


Kisah mitologi selalu berkaitan dengan asal muasal suatu bangsa pada masyarakat kuno sebagai dongeng suci, legenda cerita rakyat tentang penguasa ghaib, kerajaan makhluk halus dan dipercaya kebenarannya. Mitos Makhluk-makhluk Mitologi pun tidak hanya tumbuh di Yunani dan Romawi saja.
Pada Masa Pra Islam, masa-masa ketidaktahuan petunjuk Ilahi (mengenal Tuhan) sebelum datangnya Agama Islam. Kebudayaan Bangsa Arab Kuno sangat meyakini akan keberadaan 10 Makhluk Mitologi Arab Jahiliyah yang sangat Menakutkan ini jauh sebelum percaya ajaran paganisme yang menyembah patung berhala sesembahan Hubal, Latta, Uzza dan Manat. 


1. Makhluk Mitologi Arab Karkadann

 
10 Makhluk Mitologi Arab Jahiliyah

Binatang Ghoib Karkadann memiliki tubuh sebesar kuda, bahkan lebih. Tubuhnya berwarna putih, kepalanya merah gelap dan matanya berwarna biru. Mereka punya tanduk sepanjang 1 setengah kaki di kepalanya. Debu yang berasal dari tanduknya bisa menyembuhkan segala jenis racun. Dasar dari tanduknya berwarna putih bagian atasnya tajam dan berwarna keunguan sedangkan ditengahnya berwarna hitam.

Konon katanya barangsiapa meminum air atau anggur dari tanduknya akan sembuh dari segala penyakit dan akan kebal dari segala jenis racun. Makhluk mitologi ini sangat kuat, tidak ada seekor hewan pun yang bisa menandingi kehebatannya.

2. Jin Ifrit

Ifrit adalah nama jin yang dikenal sebagai salah satu pimpinan dari para jin. Seperti layaknya dalam sosial manusia, jin juga mempunyai kehidupan sosial. Oleh sebab itu dalam dunia jin juga mempunyai sistem sosial seperti halnya pada manusia. Sedangkan Ifrit tersebutlah pemimpin dari bangsa Jin tersebut. Istilah Ifrit juga dijelaskan dalam Al Qur'an yaitu pada kisah Nabi Sulaiman akan memindahkan istana Ratu Bulqis. Maka Jin Ifrit inilah yang menyatakan kesanggupannya untuk memindahkannya.

Namun kesanggupan Jin tersebut masih dikalahkan dari kesanggupan ulama manusia yang sanggup memindahkan istana dalam hitungan detik. Ada juga yang berpendapat bahwa Ifrit adalah suatu klan/ras dari bangsa Jin, seperti halnya suku atau klan pada bangsa manusia. Mereka kesemuanya menjadi pemimpin dari suku atau klan yang lainnya.

Dan ada juga yang mengatakan bahwa Ifrit itu adalah sebutan untuk jin yang menjabat sebagai raja dalam komunitas jin. Menurut beberapa sumber, Ciri-cirinya adalah bertubuh besar dan tinggi dengan mengenakan pakaian kebesaran seperti seorang raja. 

3. Jin Marid 


Marid adalah suatu jin berkaitan dengan perairan terbuka laut dan lautan di mana ia mendapat sanctuary. Marid disebut dalam mitologi jahiliah Arab dan di sepanjang Asia dan juga dalam al-Quran, dalam Surah As-Saaffat: Marid dijelaskan sebagai jenis terkuat jin, dengan mempunyai kuasa hebat. Mereka adalah yang tersombong dan terangkuh juga.

Seperti hal nya jin lain, marid mempunyai kehendak bebas dan dapat dipaksa untuk melakukan kerja dari perintah manusia. Menurut legenda cerita rakyat, marid juga mempunyai kemampuan untuk memberikan keinginan kepada manusia, tetapi itu biasanya memerlukan pertarungan dan ritual pemujaan pemanggilan dirinya.    
 
4. Ular Falak 


Falak adalah ular yang hidup di bawah Fire Realm. Ular ini dikatakan begitu besar sehingga hanya karena rasa takut terhadap kekuatan Allah saja yang bisa mencegahnya menelan semua ciptaan-Nya. 
 
5. Dandan, Makhluk Ghaib Ikan Besar 


Dandan atau Dendan adalah makhluk laut mitologi yang muncul di volume 9 dari The Book of 1001 Nights, atau 1001 Nights. Muncul dalam kisah Abdullah si Nelayan dan Abdullah si Merman, di mana nelayan ikan duyung jantan mengatakan bahwa Dandan adalah ikan terbesar di laut dan merupakan musuh duyung. Sebuah Dendan mampu menelan kapal dan seluruh awaknya dalam satu tegukan. 
 
6. Manusia Raksasa Nasnas 

10 Makhluk Mitologi Arab Jahiliyah

Nasnas adalah suatu makhluk raksasa dalam mitologi Arab. Menurut dengan Edward Lane, penterjemah abad ke-19 The Arabian Nights, suatu nasnas adalah "separuh manusia; ada separuh kepala, separuh badan, satu lengan, satu kaki, dengan mana ia meloncat dengan banyak ketangkasan". Ia dipercayai anak seorang demon digelarkan Shikk dan seorang manusia.

Seorang watak dalam "The Story of the Sage and the Scholar", suatu cerita dari kutipan, ditukar menjadi nasnas selepas seorang ahli sihir menggunakan kohl The Temptation of Saint Anthony Gustave Flaubert pada salah satu matanya. 
 
7. Sandwalker 


Sandwalker umumnya dikenal sebagai makhluk yang sangat besar, paruh tajam dan ekor seperti kalajengking. Ia memiliki cakar besar seperti kepiting, yang digunakan untuk membawa pergi korbannya. Ia mengubur diri dalam pasir pada siang hari untuk menghindari deteksi, dan keluar pada malam hari untuk makan. Jarang memangsa manusia, biasanya berburu unta atau kuda. 
 
8. Werehyena, Manusia Separuh Binatang Hyena


Werehyena adalah makhluk mitologi yang mampu berubah bentuk menjadi hyena atau manusia. Mereka yang hadir dalam cerita-cerita dari beberapa budaya Arab, Afrika dan Eurasia. Seperti manusia serigala cerita rakyat Eropa, werehyena digambarkan sebagai shapeshifters, meskipun tidak seperti manusia serigala yang biasanya digambarkan sebagai manusia awalnya, beberapa pengetahuan mengenai werehyena bercerita tentang bagaimana mereka juga dapat menyamar sebagai manusia hyena. 
 
9. Ghoul Sang Penghuni Kuburan

Makhluk Mitologi Arab Kuno

Ghoul adalah makhluk mitologi rakasa dari cerita rakyat Arab kuno yang tinggal di kuburan dan tempat-tempat tak berpenghuni. Kata bahasa Inggris berasal dari nama Arab : ghul, yang secara harfiah berarti 'setan'. Ghul adalah jenis jin jahat yang diyakini menjadi bapak iblis. 
 
10. Bahamut (Behemoth)


Dalam mitos Arab Jahiliyah, Bahamut (Behemoth) adalah ikan raksasa, digambarkan begitu besar sehingga manusia pun tidak akan tahan melihatnya; Salah satu tradisi menggambarkan bahamut sebagai ikan yang melayang di lautan tak terukur. Diatasnya ada banteng yang disebut Kujata, dan pada banteng terdapat sebuah gunung ruby, di gunung ada malaikat, diatas malaikat ada enam neraka; diatas neraka ada bumi, dan diatas bumi ada tujuh langit.

Dalam tradisi aneh lain menempatkan dasar bumi di atas air, lalu air pada karang, karang pada dahi banteng, dan banteng diatas padang pasir, lalu padang pasir berada diatas Bahamut, dan Bahamut berada di angin yang mencekik (menyesakkan), dan angin ada pada kabut, dan apa yang ada dibawah kabut tidak diketahui.