Kamis, 02 Maret 2017

Fenomena Kawah Batagaika, Mulut Neraka yang Tiba-tiba Muncul di Permukaan Bumi

Tags


Kawah merupakan lubang di permukaan bumi dan tempat keluarnya magma. Biasanya kawah memang berada di puncak, atau bisa juga di samping gunung. Di Indonesia sendiri, tentu kita sudah tidak asing dengan beberapa gunung yang memiliki kawah dengan letusannya begitu dahsyat, yaitu Krakatau, Galunggung, Rinjani hingga Gunung Toba. Bencana yang berasal dari kawah gunung biasanya memang masih bisa diprediksi sebelumnya.


Namun, bagaimana jika kawah ini muncul tiba-tiba dan tidak berada di gunung? Mungkin itu terkesan tidak masuk akal, namun bencana tersebut benar terjadi di Siberia. Kawah misterius tersebut dijuluki Kawah Batagaika. Saking misteriusnya, penduduk setempat lebih akrab menyebutnya ‘pintu ke dunia bawah tanah’ atau bahkan ‘mulut neraka’.  Seperti apa sebenarnya kawah Batagaika tersebut?

Kawah muncul setelah penggundulan hutan

Kawah ini pertama muncul di bekas hutan Alexander Gabyshev/Siberian Times yang kerontang. Hutan tersebut awalnya memang digunduli demi pembangunan jalan pada tahun 1960-an. Namun, saat pohon terakhir tumbang, kawah misterius tiba-tiba muncul.

Gaduh juga terus terdengar saat pembentukannya. Suara-suara aneh mirip ledakan juga terus tedengar dari arah kawah tersebut.  Gemuruh tersebut sontak saja membuat masyarakat setempat ketakutan, dan bahkan tak ada berani mendekat.

Lubangnya terus melebar dianggap sebagai hunian monster

Berjalannya waktu, lubang misterius tersebut makin melebar. Tiap tahunnya, terus merekah setidaknya 10 hingga 30 meter.  Kawah Batagaika terus membuktikan reputasinya sebagai gerbang menuju dunia lain. Warga setempat menduga jika lubang tersebut dihuni oleh makhluk-makhluk mengerikan seperti monster atau makhluk neraka lainnya.

Gemuruh yang muncul memang cenderung menguatkan mitos tentang hidupnya makhluk  neraka di balik tanah ambles tersebut. Lainnya juga menyangka jika lubang itulah mulut neraka, tak heran jika lokasi tersebut tak pernah didekati oleh masyarakat.

Penjelasan Peneliti tentang kawah Batagaika

Anggapan mistis itu ditepis oleh Profesor Julian Murton dari Universitas of Sussex, Inggris. Di mana ia menguak misteri dari suara gemuruh tersebut. Setelah melakukan penelitian dengan tim di lokasi Batagaika di dekat Desa Batagai, Distrik Verkhoyansk, misteri pun terpecahkan.

Ia pun bisa menjelaskan secara terperinci bahwa suara mengerikan tersebut berasal dari pergerakan tanah yang jatuh ke jurang sepanjang 1 km dan sedalam 100 meter. Dalam Batagaikan, terdapat hutan homogen dengan spesies tumbuhan yang serupa.

Manfaat kawah Batagaika


Dalam sebuah studi jurnal ilmiah juga dijelaskan, bahwa selain memberi efek buruk melepaskan gas rumah kaca, sejatinya kawah tersebut juga memiliki manfaat, yaitu petunjuk mengenai perubahan iklim yang terjadi ribuan tahun lalu. Di dalamnya terdapat bangkai-bangkai hewan, termasuk bangkai kuda berusia 4.400 tahun dan juga hutan yang membantu.

Hal itu menunjukkan bahwa dulu lahan tersebut pernah menjadi hutan lebat, juga dihuni dengan beragam binatang yang unik. Penemuan fosil-fosil tersebut juga dianggap sesuatu yang hebat bagi para peneliti.

Dampak penggundulan hutan

Lapisan demi lapisan tanah tersebut menggambarkan perubahan iklim secara berkala pada masa lampau, sekitar 200.000 tahun lalu. Para ahli juga berharap jika informasi ini akan membantu memprediksi apa yang akan terjadi pada planet di masa depan.

Hal ini juga mungkin bisa menjadi pembelajaran, apapun alasannya, penggundulan hutan memang berdampak buruk bagi alam. Termasuk terbentuknya formasi hutan yang terus menerus melebar dan makin dalam.
Seperti kata pepatah, kita akan menuai apa yang kita tanam. Demikian juga ketika kita melakukan hal buruk pada alam, bencana buruk juga pasti datang. Semoga keberadaan kawah Batagaika menjadi cermin, betapa hutan memiliki peran penting. Apaaun alasannya, tidak seharusnya hutan digunduli. Domino QQ


EmoticonEmoticon