Minggu, 05 Maret 2017

5 Gunung Terangker di Indonesia

Tags


Kamu suka naik gunung? Tentu bakal terbiasa sekali dengan kondisi gunung yang begitu berat. Tanyakan pada teman-teman pendakimu yang memang butuh fisik dan keteguhan hati kuat demi bisa berada di puncaknya. Namun apakah gunung hanya menawarkan kisah seperti itu?

Jawabannya adalah tidak. Karena di balik bentuknya yang gagah dan tinggi menjulang, gunung menyimpan berbagai macam kisah-kisah mengerikan yang boleh kamu percaya atau tidak. Bahkan di Indonesia sendiri, ada beberapa gunung yang dipercaya menyimpan kisah angker. Mayoritas terletak di pulau Jawa, apakah kamu sudah pernah datang ke gunung-gunung ini? Dan apakah kamu percaya kalau memang gunung menyimpan kisah angker?

1. Cikuray – Jawa Barat

Dianggap sebagai gunung tertinggi di kabupaten Garut, Cikuray menjulang mencapai 2.818 meter. Kalau kamu pernah ke sana, kamu pasti bertemu dengan makam keramat yang diyakini tempat sesepuh Cikuray. Ada enam pos dan satu puncak bayangan dari pos satu jika kamu ke sana. Nah, puncak bayangan inilah yang konon katanya kerap ada cerita angker bermula. Dipercaya, kalau petang menjelang, ada sosok hantu perempuan dengan wajah gelap dan berbaju putih yang sering mengamati tajam para pendaki. Hmm, apakah kamu pernah bertemu dengannya?

2. Salak – Jawa Barat

Salak adalah gunung berapi yang berada di Jawa Barat dengan beberapa puncak seperti Puncak Salak I dan Puncak Salak II yang seringkali didaki. Namun jalur pendakian paling ramai di Salak adalah lewat Curug Nangka, sebelah utara gunung Salak. Yang membuat angker Salak adalah di puncak tertingginya yakni Puncak Salak I yang menjulang 2.211 meter itu rupanya terdapat makam Mbah Gunung Salak. Domino 99

Di makam itu ditulis peringatan dalam bahasa Jawa kasar agar pendaki bersikap sopan dan perempuan dilarang mendekati. Banyak yang percaya kalau kamu penakut jangan sekali-kali naik gunung Salak karena untuk bisa menikmati indahnya puncak Salak harus masuk ke kampung setan.

3. Halimun – Jawa Barat

Terletak di antara kabupaten Bogor, Sukabumi dan Lebak, gunung Halimun berdiri setinggi 1.925 meter. Di wilayah Halimun Bogor, ada benteng-benteng milik Prabu Siliwangi yang konon tidak terlihat. Disebutkan, sisa-sisa dari punggawa Siliwangi yang diserang Banten saat Perang Bubat melarikan diri ke gunung Halimun.

Bersama dengan gunung Salak, Halimun dianggap sebagai lokasi segitiga misteri Bogor. Hal ini dikuatkan dengan banyaknya kecelakaan pesawat yang tiba-tiba hilang. Karena gunung Halimun dan Salak dianggap mirip dengan Segitiga Bermuda. Hmm, kamu percaya?

4. Lawu – Jawa Timur

Menjulang setinggi 3.265 meter, gunung Lawu ada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah yang dianggap sebagai gunung api istirahat karena sudah lama tidak meletus. Ada tiga puncak di Lawu yakni puncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah yang tertinggi. Keyakinan mistis oleh masyarakat di sekitar Lawu adalah ketiga puncak Lawu merupakan tempat sakral di tanah Jawa.

Hargo Dalem diyakini sebagai tempat pamoksan Prabu Bhrawijaya Pamungkas, Harga Dumiling jadi tempat pamoksan Ki Sabdopalon, dan Harga Dumilah yang sangat misterius rupanya sering dipergunakan sebagai ajang olah kemampuan batin dan meditasi. Tak heran banyak makhluk halus tak terlihat di Lawu. BandarQ

5. Merapi – Yogyakarta

Letaknya di tengah pulau Jawa yakni tepatnya di Yogyakarta, gunung Merapi adalah salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lepas dari seramnya muntahan lava Merapi, gunung ini dipercaya sebagai istana mahluk halus. Bahkan Panembahan Senopati sang pendiri kerajaan Mataram meraih kemenangan dalam perang melawan kerajaan Pajang usai ditolong oleh Sang Penguasa Merapi.

Titik paling angker di Merapi adalah kawah Merapi yang diyakini sebagai pusat istana makhluk halus di gunung ini. Lalu ada juga di bawah puncak Merapi yakni daerah bebatuan dan pasir yang bernama Pasar Bubrah, diyakini sebagai lokasi makhluk halus itu saling berkumpul dan menjalani kehidupan.



EmoticonEmoticon