Rabu, 29 Maret 2017

Bunian, Suku Gaib Asal Kalimantan yang Dipercaya Sakti dan Suka Membantu Manusia

Tags


Suku Bunian atau Orang Bunian adalah nama yang mungkin sangat asing bagi kita. Tapi, kalau kita pergi ke Kalimantan, tepatnya di daerah bagian Barat, maka Bunian sudah seperti sesuatu yang lazim dibicarakan. Bunian secara umum sering didefinisikan sebagai kelompok suku gaib yang mendiami daerah tersebut. Mereka ini dikenal sakti dan katanya sering membantu manusia.


Ya, tak seperti makhluk halus kebanyakan, Bunian ini sering menciptakan cerita-cerita yang bagus. Entah mereka yang membantu manusia saat tersesat di hutan, memberi petuah-petuah, sampai melibatkan dirinya dalam perang-perang. Tapi, meskipun begitu, bagaimana pun juga Bunian adalah makhluk halus yang tak bisa diterka maunya. Kadang mereka ini juga kerap berbuat jahil dan suka menyesatkan.
Sampai sekarang ini orang-orang kebanyakan masih meragukan keberadaan Bunian. Memang sih tak pernah ada bukti validnya, tapi masyarakat sekitar sendiri begitu mempercayai eksistensi makhluk satu ini. Masih soal Bunian, berikut adalah fakta-fakta tentang makhluk unik tersebut. kasat

Bunian, Makhluk Tak Kasat Mata yang Tinggal di Hutan

Bagi orang Kalimantan Barat, Bunian sudah tentu bukan barang asing. Seperti yang sudah disinggung di bagian atas tadi, mereka ini adalah makhluk gaib yang dipercaya tinggal dan menempati daerah itu. Soal tempat, Orang Bunian diduga mendiami bagian-bagian yang tak dihuni manusia. Entah hutan, tepi-tepian sungai di pedalaman, sampai gunung-gunung.
Bunian tinggal di hutan [Image Source]

Mereka ini bukan makhluk gaib yang primitif, melainkan sudah punya struktur yang kompleks. Bagi yang bisa melihat hal-hal gaib, katanya akan mampu menyaksikan kehidupan orang-orang Bunian yang kurang lebih seperti manusia pada umumnya. Mereka berjualan, menikah, bahkan katanya memiliki semacam kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja.

Bunian Dikenal Sakti dan Suka Menolong Manusia

Ada banyak cerita soal orang Bunian dari masyarakat sekitar Kalbar. Beberapa di antaranya adalah kisah-kisah baik dan bisa dibilang luar biasa. Misalnya mereka yang sering menolong manusia yang tersesat dari hutan, sampai ikut serta dalam perang. Untuk perang, katanya hal tersebut memang benar.
Bunian dikenal suka menolong [Image Source]

Pasti tahu kan tragedi Sambas? Ya, banyak yang percaya jika perang antar etnis ini dibantu oleh mereka para orang-orang Bunian. Mereka melibatkan diri lantaran merasa ikut bertanggung jawab menjaga tanah yang ditempatinya. Tapi, tentu saja orang-orang Bunian ini lebih sakti karena bisa terbang dan sebagainya.

Ciri Khas Orang Bunian

Setiap makhluk halus pasti punya ciri khasnya tersendiri, termasuk si Suku Bunian ini. Secara umum, orang-orang Bunian memiliki kesamaan bentuk dengan manusia. Jadi, ya sama seperti kita, mereka bertubuh tegak, berjalan dengan dua kaki dan sebagainya.
Ilustrasi wajah orang Bunian [Image Source]

Kalau begitu, bakal susah dong membedakan manusia dan Bunian? Mungkin iya, tapi kalau kita tahu ciri khas mereka, tentu saja hal tersebut takkan terjadi. Memang ada perbedaan yang cukup mencolok antara manusia dan suku Bunian, terutama di bagian wajah. Jadi, orang-orang Bunian ini lazimnya tidak memiliki garis tegak antara bibir atas dan bawah hidung. Tak hanya itu, mereka juga memiliki alis yang menyambung satu sama lain. Ketika melihat ada orang yang memiliki dua ciri ini, katanya ia pasti adalah Bunian.

Suku Bunian Suka Menggoda dan Menyesatkan Manusia

Meskipun dikenal baik dan suka membantu manusia, namun ada juga cerita-cerita jahat soal orang Bunian. Salah satu di antaranya adalah hobi mereka yang suka menyesatkan manusia. Jadi, orang Bunian ini memang suka sekali manusia. Makanya, kemudian mereka bakal melakukan apa pun untuk bisa membawa manusia ke dunianya.
Orang Bunian juga suka menyesatkan [Image Source]

Cara menggodanya sendiri sangat dahsyat, biasanya manusia yang jadi target bakal ditunjukkan pemandangan yang luar biasa. Bisa juga dengan gadis-gadis cantik. Bagi yang terjerat dan akhirnya ikut, maka konsekuensinya adalah takkan bisa kembali ke dunia nyata. Bisa sih dipaksakan, tapi menurut orang-orang hal tersebut hanya akan membuat si manusia menjadi tidak waras alias gila.

Bunian Tak Hanya Ada di Kalimantan

Orang Bunian mungkin identik dengan Kalimantan Barat, tapi bukan berarti makhluk satu itu hanya ada di sana. Ya, siapa yang menyangka jika Orang Bunian ternyata juga dijumpai di Minangkabau. Uniknya, hampir tak ada bedanya antaran Bunian versi Kalimantan atau pun Minangkabau.
Orang Bunian juga ada di Minahasa [Image Source]

Ya, Orang Bunian di Minangkabau ini juga dipercaya tinggal di hutan-hutan. Mereka pun juga punya kebiasaan suka menculik manusia-manusia untuk dibawa ke dunianya. Tak sampai situ, diceritakan pula kalau orang-orang Bunian Minahasa juga baik dan kadang membantu manusia.
Mempercayai hal-hal gaib memang tantangan tersendiri. Maksudnya adalah mereka ini tak pernah dibuktikan keberadaannya secara logis atau sains, tapi mereka memang ada. Agak dilematis jadinya. Termasuk Orang Bunian ini yang bagi sebagian orang dianggap eksis, tapi bagi yang lainnya tidak. Pada akhirnya keputusan untuk percaya atau tidak kembali ke masing-masing orang. Domino QQ


EmoticonEmoticon