Selasa, 28 Februari 2017

Panglima Kumbang, Sosok Hebat yang Disegani di Tanah Dayak

Tags



Tak hanya punya Panglima Burung, masyarakat Dayak juga memiliki Panglima Kumbang yang tak kalah hebat.

Berbicara tentang sosok yang paling disegani di tanah Kalimantan, kita tentu akan langsung teringat akan nama Panglima Burung. Tokoh satu ini memang luar biasa, tak hanya ditakuti karena kekuatannya, si panglima juga memiliki pamor yang membuatnya dihormati oleh masyarakat Dayak.
Panglima Burung sangat gahar, namun faktanya, sosok satu itu bukan satu-satunya tokoh yang diteladani dan disegani masyarakat Dayak. Ada satu lagi yang juga disegani oleh orang-orang Borneo. Namanya adalah Panglima Kumbang. Sama seperti sang Panglima Burung, sosok satu itu juga tak kalah hebat. Ia punya kesaktian serta kewibawaan yang begitu dijaga oleh masyarakat Dayak.
Beberapa orang menganggap sosok Panglima Burung dan Kumbang adalah sama. Tapi, ada banyak juga yang percaya kalau kedua sosok ini berbeda. Bahkan sangat berbeda. Ibaratnya, seperti air dan api.

Siapa Panglima Kumbang sesungguhnya?

Pertanyaan siapa sosok Pasukan Kumbang sesungguhnya memang mengundang rasa penasaran. Menurut penjelasan yang diperoleh dari tokoh budayawan setempat,  Panglima Kumbang hanyalah sebuah julukan yang diberikan pada orang tertentu. Tidak semua orang yang mendapatkan gelar ini. Hanya orang-orang dengan ilmu sakti serta memiliki pamor mentereng yang bisa mendapatkan gelar ini. Ada juga pendapat yang mengatakan kalau Panglima Kumbang adalah sosok gaib sakti yang hanya akan muncul ketika terjadi hal-hal yang mengancam eksistensi orang Dayak.

Panglima Kumbang karakternya suka kedamaian

Banyak yang menyebutkan kalau Panglima Kumbang memiliki karakter pendamai. Oleh karena itu, sosok ini juga dianggap sebagai figur seorang pahlawan sekaligus pelindung. Hal ini bisa kita lihat dari sosok Udin Balok. Pria satu ini sudah lama dikenal sebagai sosok Panglima Kumbang. Ya, Udin Balok pernah melakukan aksi damai ketika Dayak dilecehkan. Alih-alih memakai Mandau, sosok satu ini lebih memilih bicara dulu.

Kesaktian Panglima Kumbang yang bukan sekedar mitos

Membicarakan Panglima Kumbang, ia juga sosok yang sama saktinya dengan Panglima Burung. Walaupun kedua panglima hebat ini memiliki kesaktian yang sama-sama kuat, cara mereka melindungi diri dari musuh dikatakan sangat berbeda. Jika Panglima Burung dapat memasukkan roh pada semua anggota pasukannya, Panglima Kumbang memiliki cara yang berbeda dalam melindungi anggota dari lawan. Diyakini, kekuatan yang hanya dimiliki oleh Panglima Kumbang yaitu dapat menanamkan kekebalan pada anggotanya dari senjata tajam dan api.

Panglima Kumbang dulu kemudian sang Panglima Burung

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, karakter Panglima Kumbang adalah damai dan sabar. Makanya, ketika ada suatu permasalahan, maka Panglima Kumbang akan lebih mengutamakan dulu jalan-jalan damai dengan berbagai cara yang ada. Sosok ini akan mengusahakan yang terbaik. Tapi, kalau pada akhirnya ditemui jalan buntu atau malah runyam, maka baru Panglima Burung akan datang. Kalau sudah Panglima Burung yang datang, maka mungkin hampir bisa dipastikan bakal ada korban yang berjatuhan.
Melihat tugas serta peranan Panglima Kumbang dalam masyarakat, sosok ini lebih banyak berkiprah dalam aksi-aksi yang melibatkan massa mulai kerusuhan, pertikaian dan konflik suku. Tak heran jika sosok ini dinamakan Panglima Kumbang karena tugasnya kesana-kemari. Tapi, sekali lagi jangan mencari gara-gara dengan Panglima Kumbang. Karena jika hal itu terjadi, maka Panglima Burung juga tidak segan-segan untuk bertindak. Domino QQ


EmoticonEmoticon