Jumat, 17 Februari 2017

Misteri Malik Al-Hind, Pria Indonesia yang Dikatakan Pernah Berjumpa Nabi Muhammad

Tags


Sebagai umat Islam kita tahu betul kalau bermimpi bertemu dengan Nabi Muhammad adalah berkah besar. Ada banyak riwayat yang menyebutkan seumpama seseorang mendapati ini, maka hidupnya akan luar biasa. Yang sakit bakal sembuh, punya hutang akan segera lunasi, dan mereka yang sempit akan dilapangkan. Hal ajaib ini memang sungguh terjadi dan sudah banyak kisah nyatanya.


Ketika mimpi bertemu nabi saja bisa sedemikian berkah, maka tentu adalah jadi sesuatu yang berlipat-lipat luar biasanya kalau mampu berjumpa muka dengan beliau. Untuk mimpi mungkin masuk akal ya, tapi bertemu langsung tentu tidak. Dialami banyak orang memang, tapi tak semua bisa, apalagi orang-orang Indonesia. Namun, ada sebuah riwayat yang mengatakan kalau ada sosok pria asal Indonesia yang pernah bertemu langsung dengan Nabi Muhammad. Namanya adalah Malik Al Hind.
Nama Malik Al Hind diketahui muncul dalam beberapa riwayat. Diceritakan dalam salah satunya kalau sosok ini pernah bertatap muka dengan Nabi Muhammad bahkan memberikan semacam bingkisan khusus. Lalu seperti apa kisah dan kebenarannya? Simak ulasannya berikut.

Kisah Malik Al Hind Bersama Rasul

Pada suatu ketika Rasul kedatangan seorang tamu dari jauh. Tidak diketahui asal muasal si tamu ini, tapi kemudian orang menyebut namanya Malik Al Hind. Ketika itu Malik menurut riwayat hanya bercakap-cakap sebentar dengan Nabi lalu kemudian menyerahkan sebuah tembikar yang berisi jahe-jahe. Rasul kemudian membagi-bagi isi tembikar tersebut kepada semua sahabatnya. Sesingkat inilah kisah pertemuan Nabi dan Malik Al Hind. Cerita ini sendiri tertulis dalam sebuah kitab bernama Mustadrak Al Hakim.

Sosok Malik Al Hind yang Misterius

Bisa bertemu dengan Rasul secara langsung tentu Malik Al Hind bukanlah orang biasa. Dari banyak riwayat disebutkan bahwa sosok ini merupakan Raja yang berasal dari India. Kodungallur adalah nama di mana Al Hind memimpin. Tidak diketahui secara pasti siapa Al Hind secara detail, termasuk silsilah sampai hal-hal khusus yang mencirikan dirinya. Namun yang jelas banyak orang yang mengaitkan sosok ini dengan India.

Malik Al Hind juga Dipercaya Berasal dari Nusantara

Tak hanya India, sosok satu ini juga sering dikaitkan dengan Nusantara atau cikal bakal Indonesia di masa depan. Jadi, dulu julukan Al Hind sering disematkan untuk raja-raja nusantara, salah satunya termasuk Sriwijaya. Menurut riwayat lain, raja dengan julukan Al Hind juga kerap dijuluki Samudri. Nama Samudri inilah yang kemudian dikorelasikan ke Sumatera. Samudri dan Sumatera sendiri asal katanya sama yakni Samudera. Jadi, kesimpulannya, Malik Al Hind yang dimaksud bisa saja berasal dari Sumatera.

Kontroversi Kisah Al Hind

Jelas sangat luar biasa mengetahui kalau ada orang Indonesia yang berhasil bertemu dengan Rasul. Namun, kisah ini sendiri tak banyak diyakini. Alasannya tak lain karena Rasul dan Al Hind kemungkinan besar beda masa. Menurut riwayat lain, Al Hind sendiri tidak pernah dikatakan bertemu Rasul, melainkan Abu Bakar. Diceritakan dalam riwayat tersebut kalau Al Hind memang ingin bertemu Nabi, namun mungkin karena lamanya perjalanan akhirnya sosok ini hanya bertemu dengan Abu Bakar lantaran Rasul sudah lebih dulu wafat.
Tentu saja kita tak lantas langsung percaya dengan ini. Masih banyak hal yang perlu dikaji lagi untuk membuktikan kebenaran cerita Al Hind yang dikatakan berasal dari Indonesia dan berhasil bertemu Rasul. Andaikan kisah ini kemudian bisa dipastikan, maka hal tersebut akan jadi satu kebanggaan yang tak ternilai harganya. Domino99


EmoticonEmoticon