Selasa, 14 Februari 2017

4 Teknologi Perang Canggih Bangsa Romawi yang Bikin Militer Modern Terheran-heran

Tags


Senjata adaalah satu benda wajib yang harus dimiliki saat berperang. Nggak lucu kan kalau kita terjun ke medan perang, tapi Cuma modal tangan kosong? Wah! Nggak bakalan lama deh bertahan hidup. Senjata juga menjadi salah satu tanda kekuatan militer sebuah negara atau kerajaan.


Kalau kita mundur lagi ke masa lalu, Romawi Kuno memiliki kekuatan yang sepertinya tak tertandingi. Salah satu kekuatan mereka ini terletak pada persenjataan yang mutakhir di jamannya. Salah satu contoh senjata yang digunakan oleh pasukan Romawi Kuno bernama Onagers.
Onagers bisa dikatakan sebagai senjata pelempar yang sangat besar. Kalau kamu rajin nonton film-film yang berlatar belakang kerajaan, pasti tahu deh senjata ini. Onagers digunakan untuk melempar batu yang besar agar musuh luluh lantak dalam sekejap. Wuih! Apa lagi ya senjata gahar penemuan Romawi Kuno? Simak ulasan menarik berikut ini.

1. Onagers, Pelempar Batu Besar

Kalau sering nonton film perang pasti tahu deh alat ini. Onagers merupakan senjata pelempar yang sangat besar. Untuk mengoperasikannya membutuhkan lebih dari satu orang. Saking besarnya, senjata ini memiliki roda untuk memudahkan saat pengoperasian. Onagers memiliki bagian pelempar yang mampu meluncurkan batu berukuran besar. Senjata ini juga dinamakan The Scorpion, karena saat pelempar beraksi gerakannya mirip ekor kalajengking saat menyengat mangsanya. Lemparan batu besar dari onagers ini akan menghancurkan apapun yang ditabraknya, karena itulah musuh dibuat ampun-ampunan.

2. Pilum, Tombak yang Bisa Menembus Perisai Musuh

Senjata tombak sudah biasa bagi mereka yang terjun ke dunia perang, tapi tombak milik Romawi Kuno ini berbeda. Mereka menyebut senjata ini Pilum. Pilum pada dasarnya adalah tombak, tapi didesain khusus sehingga dapat dilempar dan merusak perisai lawan. Pegangan pilum terbuat dari kayu, kemudian pisau tombaknya terbuat dari besi yang ujungnya sangat tajam. Ujung berbentuk piramid yang sangat lancip ini mampu merusak perisai lawan. Bahkan perisai musuh bisa ditembus dengan pilum yang dilempar dengan kekuatan penuh.

3. Greek Fire, Menembakkan Api yang Masih Bisa Menyala di Atas Air

Pertempuran dengan memanfaatkan api itu sudah biasa, tapi penggunaannya pun terbatas di daratan saja. Untuk perang di lautan, rasanya nggak mungkin memanfaatkan senjata yang bisa menembakkan api. Banyaknya air membuat api nggak akan bisa bertahan lama. Namun, Romawi Kuno menemukan sebuah senjata yang diberi nama Greek Fire. Senjata ini didesain oleh insinyur Siria. Greek Fire dimanfaatkan pasukan Romawi Kuno untuk berperang di lautan. Senjata ini mampu menembakkan api yang dapat tetap menyala di atas permukaan air. Api tersebut dihasilkan dari olahan bahan kimia yang komposisinya dirahasiakan hingga sekarang.

4. Carroballista, Senapan Canggih yang Bisa Menembak ke Segala Arah

Satu lagi senjata canggih yang dimiliki Romawi Kuno. Ia adalah Carroballista. Pada dasarnya senjata ini merupakan sebuah senapan, tapi dibuat lebih besar agar dapat menembakkan peluru yang lebih berat. Carrobalissta dibangun di atas sebuah kereta. Ia dilengkapi dengan semacam rotary di tubuhnya, sehingga bisa berputar ke segala arah. Untuk mengoperasikannya dibutuhkan dua orang. Satu orang membidik sasaran, satunya lagi menembakkan peluru. Sedangkan keretanya ditarik oleh kuda.
Senjata memang hal yang penting bagi kekuatan sebuah kerajaan. Melihat persenjataan Romawi Kuno yang gahar tersebut, nggak heran kalau peradaban ini mampu bertahan lama. Namun, tetap saja nggak ada keuntungan yang didapat dari peperangan. Domino99

1 komentar so far

Saya Ibu Sila ucapkan banyak terimah kasih banyak kepada KI WARA atas bantuan dana ghaib ya saya sudah bayar hutang2 saya semuanya awalnya saya ngak percaya tapi saya berpikir lagi ahirnya saya mau di bantu dana ghaib sebesar 200jt dan alhamdulillah itu terbukti dan baru kali ini saya temukan dukun pesugihan yang bisa dipercaya anda butuh bantuan sama AKI WARA silahkan hbg:085242894584 Wa:085242894584. ATAU KLIK BLOK PESUGIHAN KI WARA DISINI


EmoticonEmoticon