Kamis, 02 Februari 2017

Nyi Blorong, Sang Panglima Laut Selatan yang Cantik Jelita dan Bisa Bikin Seseorang Kaya

Tags


Dibanding Nyi Roro Kidul, nama Nyi Blorong mungkin tidak lebih terkenal. Tapi meskipun demikian, legenda dan ceritanya begitu kuat menancap di ingatan banyak orang, terutama masyarakat Jawa. Nyi Blorong sendiri diyakini sebagai sosok gaib yang berparas sangat cantik serta memiliki kekuatan yang begitu hebat.


Tentang Nyi Blorong, sampai hari ini terdapat banyak kontroversi tentang asal usulnya. Ada yang mengatakan jika sosok ini merupakan bawahan atau panglima Nyi Roro Kidul. Tapi, ada juga yang mengatakannya sebagai penguasa Laut Selatan alias Nyi Roro Kidul sendiri. Berbicara kekuatan, sosok satu ini diyakini bisa memberikan kekayaan yang luar biasa.
Masih tentang tokoh legenda yang cantik itu, berikut adalah fakta-fakta soal Nyi Blorong yang mungkin belum pernah kamu ketahui.

Kecantikan Luar Biasa Nyi Blorong

Tak hanya Nyi Roro Kidul yang sering digambarkan sebagai sosok wanita cantik, Nyi Blorong pun demikian. Dari cerita yang ada, banyak orang yang menganggap sosok ini begitu jelita dengan pesona yang luar biasa. Bahkan seumpama Nyi Blorong adalah manusia dan hidup di tengah-tengah masyarakat, maka sudah pasti ia akan jadi rebutan.
Sosok Nyi Blorong yang cantik [Image Source]
Sama seperti Nyi Roro Kidul, Nyi Blorong juga dipercaya menyukai hal-hal yang berwarna hijau. Makanya, dalam setiap penggambarannya, sosok ini sering diilustrasikan berpakaian hijau. Oh iya, masih soal kecantikan, menurut legendanya, Nyi Blorong berada di puncak kerupawanannya saat bulan purnama tiba.

Wujud Asli Nyi Blorong

Nyi Blorong memang sering digambarkan sebagai sosok wanita cantik. Tapi, di sisi lain, ada fakta mengerikan tentang fisik sang penguasa alam gaib ini. Ya, hal tersebut tak lain adalah setengah tubuhnya yang ternyata ular. Jadi, secara keseluruhan, Nyi Blorong ini berwujud manusia setengah ular.
Ilustrasi Nyi Blorong [Image Source]
Tidak diketahui kenapa Nyi Blorong berwujud seperti ini. Namun, masyarakat setempat sering mengasumsikan sosoknya seperti itu. Ada yang mengatakan jika wujudnya yang separuh ular itu mewakili simbol Nyi Blorong sendiri, yakni cantik tapi mematikan. Sesuai dengan tugasnya sebagai penyesat umat manusia kalau menurut berbagai sumber.

Nyi Blorong yang Sesungguhnya Serta Asal Usulnya

Nyi Blorong sendiri selama ini dipercaya sebagai salah satu panglima terkuat di kerajaan lautnya Nyi Roro Kidul. Blorong mendapatkan tugas besar yakni menjaga kerajaan serta mengumpulkan pasukan-pasukan. Makanya, Nyi Blorong dianggap memiliki banyak sekali pengikut gaib. Selain dianggap panglima, banyak pula pendapat yang mengatakan jika Nyi Blorong adalah sosok Nyi Roro Kidul sendiri.
Sering dikaitkan dengan sosok Nyi Roro Kidul [Image Source]
Kalau berbicara asal-usul Nyi Blorong, ada beberapa versi yang beredar tentang itu. Ada yang mengatakan jika Nyi Blorong merupakan putri seorang raja. Namun, versi lain bilang jika sosok satu ini merupakan putri dari sang Ratu Kidul sendiri. Tidak diketahui sampai kini mana yang merupakan kisah sebenarnya.

Pesugihan Nyi Blorong

Nyi Blorong tak hanya dikenal akan kecantikan, tapi juga tentang kemampuannya membuat manusia menjadi kaya raya. Konon katanya, Nyi Blorong bisa menjadikan seorang manusia dengan tiba-tiba saja memiliki harta yang jumlahnya tak karuan. Namun, untuk itu harus ada yang namanya ritual pesugihan.
Tumbal Nyi Blorong
Tak ada syarat atau apa pun, hanya cukup menghambakan diri kepada sang Nyi, maka seseorang sudah akan bisa mendapatkan harta-harta yang berlimpah. Namun, katanya kekayaan ini tidak kekal melainkan ada masa aktifnya. Dan untuk memperpanjang, seseorang harus menyediakan tumbal.

Ngerinya Pesugihan si Panglima Ratu Kidul

Meskipun memberikan kekayaan yang luar biasa, namun di sisi lain pesugihan Nyi Blorong ini sangat mengerikan dan berisiko. Ya, untuk bisa terus kaya, seseorang harus menyediakan tumbal-tumbal. Tak harus dari keluarga, bisa orang lain bahkan diri sendiri kalau sudah tidak punya waktu.
Ngerinya tumbal Nyi Blorong [Image Source]
Tak sampai situ, orang-orang yang bersekutu dengan Nyi Blorong dipercaya takkan pernah bisa lepas. Bahkan ketika meninggal nanti, Nyi akan menyeretnya menjadi salah satu prajurit di kerajaan Ratu Selatan alias sebagai pengikutnya.
Seperti inilah Nyi Blorong, sosok magis legendaris yang namanya sering dikaitkan dengan pesugihan dan juga sang ratu Kidul. Tentu saja, kita tidak harus percaya tentang tokoh ini. Namun, yang jelas Nyi Blorong namanya sudah menjadi bagian di tengah-tengah masyarakat. Meskipun mungkin hanya sekedar kisah dan mitos saja.


EmoticonEmoticon