Jumat, 24 Februari 2017

Mengenal Kitab Barencong, Kumpulan Pengetahuan Misterius dari Kalimantan Selatan

Tags


Budaya Kalimantan tak lepas dengan hal-hal yang berbau mistis dan ghaib. Sebagian dari mereka juga mengenal adanya ilmu-ilmu sakti untuk melindungi diri dari musuh. Ilmu-ilmu tersebut memang sudah ada dalam sebuah kitab. Menurut keyakinan masyarakat setempat, barangsiapa yang membaca kitab tersebut, maka hidupnya akan makmur dan aman.


Sebut saja Kitab Barencong. Mayarakat Banjar meyakini bahwa ada beberapa pengetahuan misterius yang ada di dalam kitab tersebut. Tentunya, banyak orang dibuat penasaran tentang apa itu Kitab Barencong? Bagaimana isi yang terkandung dalam buku tersebut serta apa alasan sebagian besar orang Kalimantan Selatan mencari Kitab Barencong? Semua itu akan terjawab, setelah anda membaca penjelasan artikel di bawah ini.

Kitab Barencong berisi berbagai macam ilmu pengetahuan

Membicarakan soal berbagai ilmu pengetahuan, masyarakat Banjar percaya bahwa Kitab Barencong mengandung amalan-amalan ilmu yang bisa dimanfaatkan. Menurut informasi yang didapatkan dari penduduk setempat, Kitab Barencong berisi kumpulan ilmu segalanya. Tidak hanya ilmu agama melainkan juga ilmu pengobatan, ilmu kesaktian, ilmu kebatinan dan ilmu-ilmu lain yang dianggap hebat.

Kitab Barencong banyak dicari orang lain

Kemungkinan karena Kitab Barencong berisi ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap hebat, banyak Masyarakat Banjar yang ingin mencari kitab ini. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, siapa pun yang menemukan kitab itu dan mengamalkannya, maka hidupnya akan makmur. Itu alasannya, banyak orang yang ingin mendapatkan kitab ini supaya mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Riwayat misteri Kitab Barencong

Berdasarkan riwayat yang sudah diceritakan, dikisahkan seorang Syekh Haji Muhammad Arsyad Al Banjari sedang melakukan shalat Jumat di Kota Mekkah. Di sana, ia bertemu dengan seseorang yang mengenakan pakaian serba hitam. Usai berkenalan, lelaki berbaju hitam itu memperkenalkan dirinya bahwa ia bernama Datu Sanggul. Menurut pengakuan Datu Sanggul, ia tidak menggunakan apa-apa untuk sampai ke tanah suci. Jelas hal ini membuat Syekh Arsyad sulit mempercayainya.
Untuk sampai ke Mekkah, Datu Sanggul mengatakan bahwa ia mengandalkan kekuatan batinnya sehingga mendapatkan kekuatan dari Allah. Meskipun Syekh Arsyad masih susah untuk meyakinkannya, ia tetap menjalin persahabatan dengan Datuk Sanggul. Namun, Syekh Arsyad percaya bahwa Datuk Sanggul menggunakan cara lain untuk sampai ke Mekkah tetapi hal itu masih misteri.  Ilmu yang didapat Datuk Sanggul itulah yang diduga menjadi isi kandungan Kitab Barincung.

Syekh Arsyad melarang murid-muridnya mencari Kitab Barencong

Pada dasarnya, ilmu yang diajarkan oleh Syekh Arsyad kepada murid-muridnya adalah sama yaitu mengajarkan tentang ilmu Syariat, Hakikat, Tarikat dan Ma’rifat. Sengaja ilmu tersebut ditanamkan pada murid-muridnya suapa mereka menemukan kemudahan dalam mendalami amalan-amalan Al Qur’an.
Tapi, di sisi lain Syeh Arsyad melarang murid-muridnya untuk mencari dan menemukan Kitab Barencong. Alasannya, kitab tersebut hanya dapat dipahami oleh orang-orang berilmu tinggi. Jika yang membaca bukan orang yang beilmu tinggi, masyarakat akan keliru dalam menafsirkannya sehingga berujung menjadi ilmu sesat.

Menguak kebenaran keberadaan Kitab Barencong

Berdasarkan informasi yang sudah didapatkan, Kitab Barencong memang tidak berwujud seperti kitab-kitab yang sudah ditemukan sebelumnya. Kitab ini hanyalah sebuah simbol atau perlambang dari sebuah ilmu. Alasannya, apabila ilmu tersebut ditulis dalam bentuk buku, bisa jadi penguraiannya akan lebih panjang, sebab ilmu tersebut mencakup benda-benda alami yang memang tak berujung.
Hingga saat ini, banyak masyarakat setempat yang ingin menemukan Kitab Barencong karena rasa penasaran mereka pada isi kandungan yang ada dalam kitab tersebut. Faktanya, keberadaan Kitab Barencong masih misterius karena tak ada satu pun orang yang dapat menemukannya. Asumsi lain mengatakan bahwa Kitab Barencong hanyalah cerita mitos saja. Domino QQ


EmoticonEmoticon