Sabtu, 06 Mei 2017

Zabaniyah, Malaikat Buruk Rupa Sang Penyiksa dari Dasar Jahanam

Tags

Semoga Allah tidak akan mempertemukan kita dengan malaikat ini

Mempercayai adanya malaikat merupakan rukun iman yang wajib dilakukan oleh umat islam. Makhluk yang tidak memiliki nafsu ini, jumlahnya lebih banyak dari manusia. Uniknya mereka memiliki tugasnya masing-masing. Ada yang menyampaikan wahyu, memberi rezeki dan lain-lain. Yang jelas mereka adalah makhluk Allah yang tidak pernah berbuat dosa.


Bicara mengenai malaikat, biasanya identik dengan busana putih, sayap indah dan wajah yang rupawan. Namun berbeda dengan malaikat yang bernama Zabaniyah. Alih-alih bercahaya dan rupawan, ia adalah sosok yang sangar dan teramat menakutkan. Namanya memang tidak disebutkan langsung di Al-Quran, namun dengan mendengar kisahnya, semoga mencegah kita untuk berbuat dosa. Penasaran dengan sosok malaikat ini? Simak ulasan berikut.

Diciptakan menyeramkan dan tanpa belas kasihan

Menurut berbagai riwayat, Allah SWT menciptakan malaikat-malaikat Zabaniyah dengan rupa yang sangat mengerikan. Dalam diri Zabaniyah tidak dibuat bagian yang memiliki rasa belas kasihan sama sekali. Kekejaman mereka tidak kenal ampun, penglihatan malaikat Zabaniyah menyambar bagaikan kilat. Selain itu para malaikat ini memiliki gigi  seperti tanduk sapi dan bibir menjulur hingga telapak kaki.

Setiap para malaikat ini berbicara, maka akan keluar api dari mulutnya. Tubuh malaikat Zabaniyah sendiri dari bahu ke bahu adalah setara dengan satu tahun perjalanan. Setiap dari mereka membawa rantai-rantai neraka dengan berat tidak terkira dan panas yang luar biasa.

Bawahan malaikat Malik

Seperti yang diketahui, Malik adalah penjaga pintu neraka. Allah SWT kemudian menciptakan para malaikat Zabaniyah untuk membantu Malik. Nama Zabaniyah sendiri memiliki arti mendorong atau menolak, jadi siapapun yang masuk dalam neraka akan di masukan secara paksa tanpa peduli alasan apapun.

Jumlah Zabaniyah ada 19 sesuai jumlah huruf dalam basmalah dan semuanya merupakan bawahan sang penjaga neraka. Malik sendiri berarti raja, pemimpin bagi para malaikat Zabaniyah. Ketika Allah SWT memerintahkan sesuatu pada Malik, baik dia dan seluruh malaikat Zabaniyah mengikuti tanpa membantah.

Siksaan pedih Zabaniyah

Malaikat Allah yang satu ini sangat mengerikan, dengan satu tangan Zabaniyah dapat melempar 10.000 orang kafir masuk dalam neraka. Zabaniyah pun juga menggunakan kaki-kakinya untuk menceburkan para ahli neraka. Setiap satu kali lemparan, Zabaniyah menggunakan kaki dan tangannya sehingga 40.000 orang kafir akan masuk ke dalam neraka. Di dalam sana mereka dibakar hingga menjadi luluh dan kemudian lahir kembali. Para ahli neraka ini merasakan akan merasakan panas abadi untuk selama-lamanya.

Namun saat malaikat Zabaniyah melempar para muslim yang berdosa, api tidak mau menyambar tubuh mereka. Adanya kalimat tauhid membuat orang-orang ini tidak tersentuh neraka. Namun karena mereka masih mempunyai dosa, atas perintah Allah SWT, malaikat Malik memerintahkan api neraka membakar kaum muslim yang berdosa itu untuk menyucikan kesalahan yang mereka perbuat. Api neraka diharamkan membakar bagian wajah dan hati karena dengan di sana tempatnya tauhid dan wujud keimanan semasa dunia.

Zabaniyah naik ke alam kubur

Malaikat penyiksa ini juga sempat naik ke alam barzah atas perintah Allah. Bagi para orang tua sudah meninggal namun memiliki anak yang berzina atau bersentuhan bukan muhrim, malaikat Zabaniyah naik dari neraka membawa batu kerikil yang telah dipanaskan puluhan tahun di Jahanam. Batu itu kemudian digenggamkan pada para orang tua tersebut hingga tangannya hancur.

Bukan hanya itu, bahkan saking panasnya kerikil neraka itu hingga meledakkan kepala hingga bagian otak bercecer ke mana-mana. Itulah siksaan pedih dari malaikat Zabaniyah pada penghuni alam barzah. Karena pada dasarnya alam kubur merupakan lubang kecil di kehidupan akhirat kelak.

Kematian iblis dan rantai Zabaniyah

Iblis merupakan makhluk yang ditangguhkan kematiannya oleh Allah SWT. Tapi akhir hayat iblis adalah yang paling pahit. Saat akhir dunia kelak, Allah memerintahkan malaikat maut dan para malaikat Zabaniyah untuk mencabut nyawa iblis. Turunlah mereka dengan 70.000 malaikat bersama rantai-rantai dari neraka. Iblis ketakutan karena para malaikat ini memiliki rupa yang paling mengerikan di alam semesta. Dia lari mengitari dunia menghindari malaikat maut dan Zabaniyah.

Kemudian Iblis berhenti di kuburan Nabi Adam AS dan Siti Hawa. Namun Iblis telah terbelenggu oleh rantai-rantai neraka malaikat Zabaniyah. Kemudian 70.000 malaikat mengerikan serta malaikat maut melemparkan bola-bola api panas neraka ladha. Bumi membara bagaikan api saking banyaknya batu neraka yang dilempar dan begitulah sakaratul maut dari iblis laknat. Dan di neraka, iblis akan mendapatkan siksa berlipat-lipat atas penyesatan yang dia lakukan.
Mendengar cerita malaikat Allah yang satu ini memang mengerikan. Makhluk yang diciptakan tanpa belas kasihan ini bakal meberikan siksa pedih bagi mereka yang berdosa. Memang mengimaninya adalah satu dari rukun iman, tapi kita berdoa semoga jangan sampai bertemu dengan Zabaniyah. Domino QQ


EmoticonEmoticon