Minggu, 28 Mei 2017

Kengerian Sosok Hantu Cik Pit di Jalan Setapak Daerah Majalengka

Tags


Bayangin aja sobat hantupedia sedang dalam perjalan pulang di malam hari. Ketika anda melintas suatu jalan kecil, semacam jalan setapak, sayup-sayup anda mendengar sebuah senandung. Pikiran anda akan melayang tentang hal itu, bertanya tentang siapakah wanita yang bersenandung di jalanan sepi yang jauh dari pemukiman warga ini? – Bila anda bisa menghadapinya dengan kepala dingin, anda bisa tetap acuh pada hal itu. Namun kebanyakan dari kita, pastinya akan berlari tunggang langgang bila hal itu terjadi.

Nah, hal semacam inilah yang sering dialami oleh penduduk kampung di daerah desa Sindang Kasih. Ternyata sebua desa yang terletak di Majalengka ini memiliki sejarah kelam yang cukup menyeramkan yang tersembunyi dengan balutan waktu. Di sudut pinggiran dusun ini terdapat satu jalan setapak yang sejajar dengan sebuah aliran sungai di ujung timur desa ini. Bila siang hari, jalan ini tampak seperti jalan biasa yang sering dilalui oleh penduduk sekitar. Namun, keadaan berubah drastis di malam hari. Tiada seorangpun yang berani untuk melintasinya.


Sejarah kelam pembantaian keluarga tiongkok Tang Soe Kim

Sebut saja pak Sukma. Dia adalah saksi hidup peristiwa memilukan yang terjadi disini. Pak Surga menerawang jauh dan dipenuhi penyesalan pula saat menceritakan kisah itu. Kejadian ngeri yang menjadi asal muasal munculnya hantu cik pit di daerah penghubung sungai Sindang ini berhubungan dengan kisah masa lalu yang terjadi sekitar tahun 1965.

Dikisahkan bahwa dusun Sindang saat itu tengah diserang hingga porak poranda oleh para orang komunis pemberontak negara. Peristiwa penyerangan tersebut berhasil membuat beberapa keluarga kyai setempat ditawan dan akhirnya dibunuh secara keji oleh mereka. Usut punya usut, dalam penyerangan orang-orang komunis tersebut. Ternyata ada satu keluarga tiongkok setempat yang bernama Tang Soe Kim yang berkhianat. Bandar Sakong Online

Tan Soe Kim melakukan persekongkolan dengan para Komunis pemberontak yang kemudian menghasut para pelaku penyerangan itu. Tan Soe Kim juga memberitahukan letak kediaman para pemuka agama tersebut di daerah itu, yang berbuntut tewasnya mereka. Setelah masyarakat mengetahui tentang kelakuan Tan Soe Kim tersebut. Warga setempat menjadi geram dan mendendam pada keluarga tiongkok tersebut. Hingga pada akhirnya peristiwa nahas terjadi pada keluarga itu.

Pak Sukma mengatakan bahwa kejadian tersebut terjadi pada tahun 1968, bulan Agustus. Dimana segerombolan warga yang menyimpan dendam karena pemuka agamanya terbunuh karena ulah persekongkolan Tan Soe Kim. Mereka berbondong-bondong mendatangi rumahnya, lalu menyeret paksa Tan Soe Kim dan seluruh anggota keluarganya keluar untuk diarak ke pinggiran desa.

Amuk masa yang tidak terbendung saat itu kemudian berujung pada dibunuhnya keluarga tiongkok Tan Soe Kim di pinggiran sungai tersebut. Mayat-mayat orang-orang tiongkok yang menjadi korban amukan masa saat itu ada yang dibuang ke sungai. Ada pula yang dimasukkan ke dalam sumur tua yang tidak berfungsi di sekitar pinggiran sungai tersebut.

Hantu cik pit yang sering menampakkan diri dengan wajah murung

Seperti kata orang-orang bijak. Kekerasan tidak menyelesaikan apapun! mungkin memang benar adanya. Peristiwa pembantaian yang sangat mengenaskan saat itu tidak selesai begitu saja. Roh-roh orang China yang dipercaya merupakan roh keluarga Tan Soe Kim yang tewas di daerah itu tidak bisa tenang di alam baka. Beberapa hari setelah pembantaian itu, banyak warga yang di teror oleh makhluk halus bermata sipit yang banyak bergentayangan di daerah tersebut.

Orang-orang yang melintasi jalan setapak yang ada sumur tempat dikuburnya mayat-mayat keluarga Tan Soe Kim tersebut sering tiba-tiba dikejutkan oleh munculnya sosok astral berwujud orang China di sana. Penduduk sekitar menyebutnya dengan hantu Cik pit. Teror tidak berhenti dan terus berlanjut dari malam ke malam lainnya. Hingga akhirnya penduduk memutuskan untuk meratakan sumur tempat pembuangan mayat tersebut. Orang-orang pintar tidak ada yang berani melakukan prosesi mistis agar arwah mereka tenang. Karena memang daerah jalan setapak itu sungguh kelam dan menyeramkan.

Semenjak saat itu di malam hari, tidak ada seorangpun warga sekitar desa Sindang Kasih yang berani melintasi jalan setapak tersebut diatas jam maghrib. Pak Sukma yang rumahnya paling dekat dengan area seram jalan setapak tersebut menuturkan kepada tim Hantupedia bahwa kemunculannya hantu cik Pit disana sangat intens. Kemunculan mereka sering dalam bentuk wanita china cantik yang sedang duduk murung di pinggir sungai, atau bergelayutan diatas pohon sekitar jalan setapak itu.

“Mungkin hantu cik pit itu mencoba untuk memberitahukan kepada warga tentang kesedihannya, selain itu mungkin ingin memberi pesan kepada kita bahwa kekerasan tidak pernah menyelesaikan sesuatu. Tidak seharusnya kita menyimpan dendam kesumat yang pada akhirnya menutup hati nurani” – tutur Pak Sukma yang merupakan saksi pembantaian itu. Capsa Susun Online

Orang pintar yang berhasil melunakkan sedikit gangguan teror hantu cik pit

Warga desa Sindang kasih hidup dalam teror setiap malam. Desa ini selalu sepi nyenyat di tengah hari. Selain kemunculan sosok hantu wanita sipit keturunan tionghoa, penduduk sekitar juga diteror dengan suara-suara tangis dan senandung di tengah malam. Hingga pada akhirnya menjelang akhir tahun 2000an silam, ada satu orang pintar yang menyanggupi untuk bermediasi dengan mereka.

Malamnya orang pintar tersebut melakukan sebuah ritual di lokasi tempat pembantaian tersebut hingga akhirnya gangguan-gangguan dari hantu cik pit di daerah tersebut berangsur turun intensitasnya. Masih ada sih beberapa sosok hantu wanita China yang muncul disana beberapa saat di malam hari. Namun keberadaannya sudah tidak lagi mengganggu para warga seperti sebelumnya.



EmoticonEmoticon