Minggu, 25 Desember 2016

7 Hantu Paling Populer Di Indonesia

Tags

Masih menjadi sebuah misteri, apakah sosok hantu itu adalah manusia yang sudah mati atau hanya akal-akalan jin dan setan untuk menakut-nakuti umat manusia. Setiap negara pastinya mempunyai hantu khas mereka masing-masing, tak terkecuali di Indonesia. Di negara ini, hantu bahkan sering dibuatkan film yang kadang enggak masuk akal ceritanya. Kalian tentu sudah tahu dong, hantu yang paling populer alias terkenal di Indonesia.

Meski sudah tahu, tapi tak ada salahnya untuk baca tulisan ini agar menambah wawasanmu. Sebagai catatan, di artikel ini kami tidak menampilkan gambar hantu dari setiap sub judul karena si penulis takut sendiri sewaktu mencari gambar hantu di google (payah! x_x).

1. Pocong
Bisa di bilang, inilah hantu paling populer di Indonesia bahkan sudah banyak sekali film yang mengambil tema pocong. Pada umumnya penggambaran pocong seperti orang yang dibungkus kain kafan dengan wajah hancur (ada yang berpendapat wajahnya rata). Biasanya pocong muncul karena ketika dia mati, tali pocongnya belum di lepas sehingga meminta para warga untuk melepasnya.

Pocong bergerak dengan cara melompat-lompat, namun ada yang bilang bahwa pocong juga bisa terbang. Hal ini bisa dimaklumi karena tali pocong yang masih terikat sehingga sulit untuk berjalan seperti biasa.

2. Sundel Bolong
Sama seperti pocong, sundel bolong juga sering dibuat film. Ini menandakan bahwa hantu yang satu ini cukup populer. Menurut pendapat para warga, sundel bolong di gambarkan seorang wanita yang memiliki rambut panjang, lumayan cantik (untuk memikat orang) namun dibagian punggungnya bolong. Karena bolong tersebut, jadi terlihat tulang-tulangnya yang berlumuran darah.

Konon sejarah dari sundel bolong sendiri adalah ada seorang wanita yang mati karena di perkosa. Lalu si wanita tersebut melahirkan di dalam kubur lewat punggung, sehingga jadi bolong pada bagian punggungnya. Tak hanya itu, sundel bolong juga suka menculik bayi yang baru lahir. Jadi kalau kamu baru punya anak, jaga dengan baik ya.

3. Wewe Gombel
Selanjutnya ada hantu wewe gombel yang cukup populer di ranah Jawa. Bentuk dari hantu ini seperti wanita tua kurang lebih seperti penyihir jelek di film Harry Potter. Disebut wewe gombel karena kejadiannya berasal dari daerah Gombel, Semarang.

Sejarahnya, dulu ada seorang wanita yang mati dikejar-kejar warga karena telah membunuh suaminya sendiri. Hal tersebut terjadi karena sang suami selingkuh dengan wanita lain sebab istrinya tidak bisa memberikan anak.

Wewe gombel sering sekali menculik anak kecil yang diabaikan oleh orang tuanya. Tujuannya sebenarnya baik, yakni agar si anak tersebut tidak ditelantarkan oleh orang tuanya. Biasanya untuk mencari anak yang hilang karena di culik wewe gombel, para warga akan mencarinya sambil memukuli alat-alat dapur, seperti panci, wajan, dll.

Jika dirasa sudah cukup untuk menculiknya, maka wewe gombel akan mengembalikan si anak (biasanya disandarkan pada sebuah pohon). Dan menyuruh orang tuanya agar berjanji untuk tidak menelantarkan anaknya lagi.

4. Genderuwo
Masih dari hantu jawa, kali ini giliran hantu yang bernama genderuwo. Hantu jenis ini merupakan jin atau makhluk halus lainnya yang berbentuk seperti kera. Badannya sangat tinggi dan besar yang dipenuhi bulu berwarna hitam. Genderuwo termasuk hantu yang paling jahil karena sering menakut-nakuti orang dengan menampakkan wujudnya langsung.

Konon genderuwo sering tinggal di rumah kosong, pohon besar (seperti pohon beringin) atau pun di batu berair. Ada cara tersendiri untuk memanggil hantu yang satu ini, yakni dengan memanggang sate burung gagak. Maka dalam beberapa saat kemudian kamu akan menjumpai genderuwo.

5. Kuntilanak
Sosok hantu yang satu ini seperti wanita pada umumnya dengan rambut yang panjang memakai pakaian putih. Biasanya kemunculan kuntilanak di dahului dengan bau bunga kamboja yang menyengat dan tertawanya yang sangat khas. Kuntilanak sering menggoda orang yang jalan sendirian pada malam hari. Selain itu, ia juga kerap menyantap bayi dan menggoda wanita hamil.

Jika kamu berjalan di malam hari sendirian di tempat sepi kemudian melihat sosok wanita berdiam diri. Sebaiknya kamu abaikan dan bergegas pulang. Karena kemungkinan besar yang kamu jumpai di jalan tersebut adalah kuntilanak. Di logika saja, memangnya ada wanita yang mau sendirian di tempat sepi (yang notabene wanita itu cenderung penakut).

6. Tuyul
Pernah menonton sinetron “Tuyul & Mbak Yul” yang dulu pernah disiarkan di salah satu stasiun televisi swasta. Kurang lebih perwujudan hantu tuyul seperti pada sinetron tersebut, seperti anak kecil atau orang kerdil dengan kepala gundul. Hantu yang satu ini sangat meresahkan warga karena pekerjaannya adalah mencuri uang untuk kemudian diberikan kepada majikannya.

Cara menangkal tuyul adalah dengan cara memasang yuyu. Karena konon katanya, tuyul sangat suka sekali bermain dengan yuyu sehingga ia lupa akan tugasnya untuk mencuri uang. Menurut beberapa info, tuyul berasal dari janin orang keguguran yang telah mati.

7. Leak
Jika hantu-hantu di atas kebanyakan berasal dari Jawa, maka untuk hantu yang satu berasal dari Bali. Leak berwujud seperti seorang penyihir jahat di film-film. Di siang hari leak akan berwujud seperti manusia biasa, namun pada malam hari ia akan berubah menjadi penyihir.

Kebiasaannya adalah berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam manusia. Hal itu ia lakukan untuk membuat sebuah ramuan. Lebih menghebohkannya lagi, menurut mitos, leak juga mampu mengambil organ manusia yang masih hidup.

Itulah tadi ketujuh hantu yang sangat populer di Indonesia. Gimana, apakah kamu takut? Sebenarnya kamu tidak perlu takut, yang penting adalah selalu meminta perlindungan dari Allah SWT dari godaan setan yang terkutuk.