Sabtu, 01 April 2017

Cerita Asal Usul Kuntilanak

Tags


Cerita tentang asal usul kuntilanak tentu saja membuat kita semua penasaran, benarkah cerita tersebut merupakan kisah nyata? Atau hanya sekedar hoax yang melegenda. Di bawah ini sengaja kami rangkum sebuah catatan kecil terkait dengan sosok hantu yang paling terkenal di Indonesia tersebut.

Sebagaimana yang kita ketahui sosok makhluk halus wanita yang kerap digambarkan dengan mengenakan pakaian serba putih dan rambut panjang ini merupakan sosok hantu misterius. Dari mulut ke mulut hingga cerita misteri yang difilmkan telah banyak beredar di negara kita tercinta.
Beberapa film yang mengambil judul tentang hantu ini diantaranya adalah sebagai berikut:

- Kuntilanak merah. 
- Paku kuntilanak.
- Kuntilanak beranak di dalam kubur.
- Rintihan kuntilanak.
- Kuntilanak ciliwung dan masih banyak lagi.

 Judul-judul film di atas hanyalah beberapa dari sekian banyak film dan senetron yang menampilkan sosok hantu wanita tersebut sebagai salah satu penarik bagi para penonton.

Asal Usul Kuntilanak

Jauh sebelum adanya sinetron dan film-film di atas masyarakat indonesia memang telah lama mengenal cerita misteri hantu kuntilanak. Bahkan hampir diseluruh penjuru tanah air sosok hantu yang menyerupai seorang wanita ini kerah diceritakan penampakannya. Hanya saja di beberapa daerah nama atau sebutan untuk sosok hantu tersebut memang berbeda-beda. BandarQ

Dari sekian banyak daerah di Indonesia terlahir pula kisah dan cerita misteri terkait dengan asal usul dan sejarah kuntilanak. Adapun asal usul dari sosok makhluk halus tersebut yang kerap beredar di kalangan masyarakat luas dapat kita kelompokan sebagai berikut:

Pendapat pertama.

Menceritakan bahwa sosok makhluk gaib perempuan yang memiliki suara khas saat menampakkan diri dan menakuti manusia ini berasal dari Pontianak. Dimana pada masa lalu sosok hantu tersebut pernah mengganggu dan menghalangi seorang raja sebuah kesultanan yang berdiri di wilayah Pontianak.

Terkait dengan cerita yang melegenda kisah nyata ataupun fiksi memang tidak dapat dibuktikan karena tidak adanya bukti yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Namun demikian masyarakat Pontianak meyakini bahwa kuntilanak merupakan arwah seorang wanita yang gentayangan dan tidak tenang di alam kubur. Ketidak tenangnya tersebut konon dikarenakan sebab dari kematiannya, yakni meninggal pasca persalinan.

Dengan senantiasa menampakkan diri dan mencari anak yang baru dilahirkannya inilah yang kemudian dikenal oleh masyarakat dengan sebutan kuntilanak.

Pendapat Kedua

Beda wilayah beda pula kisahnya, salah satu cerita tentang asal usul hantu kuntilanak yang kita kenal ada pula cerita versi kedua. Kisah misteri yang dikisahkan tersebut menyebutkan bahwa sosok hantu wanita dengan pakaian serba putih tersebut merupakan arwah dari seorang wanita yang meninggal karena dibunuh oleh istri muda dari suaminya.

Konon dikisahkan seorang lelaki memutuskan untuk berpoligami karena istrinya tidak kunjung hamil dan mendapat keturunan. Istri pertamanya mau tak mau tentu saja harus menerima keputusan dari suaminya tersebut demi mewujudkan keinginan suaminya untuk memiliki keturunan.

Cerita berbeda ternyata terjadi setelah beberapa bulan suaminya menikah dengan wanita lain (istri muda). Keajaiban terjadi ketika istri pertama dari lelaki tersebut hamil. Singkatnya karena takut dicerai oleh suaminya istri muda dari lelaki tersebut memutuskan untuk membunuh istri tua dari suaminya dengan menyuruh orang lain. Domino 99

Setelah wanita yang tengah hamil tua tersebut terbunuh konon dari dalam kuburnya muncul penampakan hantu dan disebut dengan kuntilanak. Dari sini pula kemudian kita kenal berbagai macam film dengan judul menyeramkan mulai dari paku kuntilanak, beranak dalam kubur dan lain sebagainya.

Demikian dua pendapat tentang asal usul kuntilanak, mengenai benar tidaknya kisah tersebut tentu saja dapat kita simpulkan sendiri.



EmoticonEmoticon