Selasa, 04 April 2017

7 Urban legend serem asal Korea ini bisa bikin kamu susah tidur

Tags


Berbicara tentang Korea Selatan memang tiada habisnya. Negeri Ginseng ini memang fenomenal dalam menyebarkan budaya mereka melalui K-Pop dan K-Drama yang dibungkus dengan Hallyu Wave.

Tapi siapa sangka, sama halnya dengan Indonesia ternyata Korea Selatan juga memiliki mitos tersendiri. Meskipun mitos-mitos ini terdengar agak sedikit aneh, bikin takut dan konyol, namun faktanya kebanyakan orang-orang di Korea Selatan masih mempercayainya lho. Penasaran apa aja?

Dilansir dari Thoughtcatalog, Rabu, (22/3). Yuk simak di bawah ini mitos serem apa aja sih yang ada di Korea Selatan.

1. Hantu perawan.

Di Korea Selatan, hantu ini disebut sebagai Cho-nyo-Gwishin. Mitosnya mereka bisa ditemui di gedung-gedung terbengkalai, seperti rumah sakit, sekolah, kamar mandi, atau hutan. Mereka digambarkan sebagai wanita yang memiliki rambut panjang yang menutupi wajahnya, dengan memakai pakaian serba putih (baju tradisional Korea atau hanbok), wajahnya pucat dan darah menetes-netes dari sisi mulutnya.

Hantu ini dipercaya adalah wanita gentayangan yang meninggal sebelum menikah. Karena misinya untuk menikah tidak terpenuhi, maka tidak mungkin baginya untuk menyeberang ke alam baka. Dikatakan bahwa hantu ini mengutuk pengantin baru, selain itu hantu ini juga dianggap mendatangkan penyakit atau kecelakaan. BandarQ

2. Kipas angin kematin.

Menyalakan kipas angin saat sedang tidur sangat dilarang di Korea. Hal ini dikarenakan orang Korea percaya bahwa kipas angin itu akan membunuh orang yang menyalakannya.

3. Menulis nama dengan pena bertinta merah.

Masyarakat percaya kalau kita menuliskan nama seseorang dengan pena bertinta warna merah, itu artinya kita mendoakan orang tersebut cepat mati. Jadi jangan coba-coba ya kalau di sana!

4. Tidak ada lift yang memakai angka 4 di Korea Selatan

Angka 4 biasanya akan diganti dengan huruf F (Four). Mitos yang berawal dari China ini menganggap bahwa angka 4 adalah dianggap membawa sial dan simbol kematian.

5. Jika pindahan pada tanggal tertentu, kamu bisa diikuti oleh arwah jahat ke rumah baru.

Di sana, masyarakat biasa melakukan pindahan pada tanggal-tanggal tertentu dan menghindari tanggal 1,2,11,12,21,22, dan 31. Jika melanggar maka roh jahat dari tempat tinggal yang lama akan mengikuti ke rumah yang baru.

6. Percaya adanya Jeoseung Saja atau Grim Reaper.

Buat kamu yang nonton K-Drama Goblin pasti familiar kan dengan istilah Jeoseung Saja atau Grim reeaper ini? Orang Korea percaya dengan utusan dari Jeoseung (tempat di antara surga dan neraka) adalah mahkluk halus yang menghisap jiwa dan membimbing jiwa-jiwa tersebut melewati hutan gelap berkabut menuju akhirat. Domino 99

Yup sama halnya dengan cerita dari drama Goblin, orang Korea percaya bahwa dia yang menjadi hantu Jeoseung Saja adalah mereka yang dulunya menyalahgunakan kekuasaan, atau melakukan kejahatan yang berat. Cuman jangan bayangin kalau grim reapernya akan hadir seganteng Lee Dong-wook ya! Masyarakat Korea percaya grim reaper biasanya muncul dalam wujud sesuai dengan apa yang manusia lakukan di dunia selama hidup.

7. Mitos hantu danau, atau Mul Gwishin.

Orang Korea percaya akan adanya hantu yang disebut Mul Gwishin. Mereka adalah penampakan hantu orang yang mati tenggelam di danau. Ia adalah jiwa kesepian dari mereka yang tenggelam dan biasanya akan menyeret orang-orang yang berada di dekat mereka untuk menemaninya di dalam air. Waduhhh...