Selasa, 04 April 2017

5 Pusat Militer yang Lebih Rahasia dari Area 51 Milik Amerika Serikat

Tags

Saking rahasianya, tak banyak orang sadar kalau tempat-tempat ini benar-benar ada.

Kalau berbicara tentang pangkalan militer paling rahasia, Area 51 pasti jadi nama yang diingat banyak orang. Tempat yang satu ini memang luar biasa. Diduga di dalamnya Amerika mengerjakan proyek-proyek militer mematikan serta diketahui pula kalau Area 51 jadi kampungnya para alien yang mampir ke bumi. Mungkin karena takut semua rahasia ini terungkap, maka militer AS begitu menjaga tempat ini.


Masih soal pangkalan militer super rahasia, ternyata di dunia ini tak hanya ada Area 51 saja. Ada beberapa pusat militer yang juga sangat rahasia di mana isinya masih belum banyak diketahui saat ini. Lalu, basis militer mana yang juga tak kalah misterius dari si pangkalan alien milik AS itu? Simak ulasannya berikut.

1. Cheyenne Mountain Complex

Cheyenne Mountain Complex adalah kawasan pegunungan di Colorado Springs yang sangat terisolir dari dunia luar dan merupakan markas dari North American Aerospace Defense Command (NORAD) and United States Northern Command (USNORTHCOM) serta menjadi tempat untuk menyimpan pesawat luar angkasa Amerika Serikat.

Tempat satu ini dibangun pada tanggal 18 Mei 1961 dan kemudian ditutup pada tanggal 8 Februari 1966. Walaupun dikatakan sudah ditutup, namun pada kenyataannya Cheyenne Mountain Complex masih sering digunakan untuk tujuan rahasia militer lainnya, termasuk perakitan hulu ledak nuklir.

2. Siachen Glacier

Siachen Glacier adalah pangkalan militer rahasia milik Angkatan Darat India yang terletak di sebelah utara Jammu dan Kashmir, di ketinggian sekitar 21 ribu kaki. Hanya saja, walaupun diklaim merupakan milik India, namun Pakistan juga mengklaim bahwa tempat itu merupakan miliknya. Dikarenakan hal itu, dulu sering terjadi pertempuran kecil antara tentara India dan Paksitan untuk memperebutkan Siachen Glacier.

Sayangnya, sampai sekarang belum diketahui apakah basis militer di Siachen Glacier masih digunakan atau tidak, karena bagi pasukan yang ditempatkan di sana harus kuat mental dan juga fisik. Di tempat tersebut sangat dingin dengan suhu sekitar -50 derajat Celcius dan juga sering kali diterpa badai salju.

3. Diego Garcia

Diego Garcia adalah sebuah pangkalan militer yang diakuisisi Amerika Serikat pada tahun 1965. Tempat ini dulunya adalah milik dari Inggris yang kemudian tidak diketahui penyebabnya akhirnya menjadi bagian dari Amerika Serikat. Dulunya, di Diego Garcia dihuni penduduk asli yang mana kemudian mereka diusir dan yang memberontak atau tidak mau pergi akan dibunuh.

Diego Garcia sekarang menjadi basis militer Amerika Serikat yang jarang dipublikasikan. Banyak aktivitas militer dilakukan di tempat ini, termasuk salah satunya adalah untuk digunakan para personel CIA dalam menginterogasi sampai menahan para tersangka teroris.

4. Dugway Proving Grounds

Dugway Proving Grounds adalah tempat militer rahasia Amerika Serikat selanjutnya. Di tempat ini kerap digunakan sebagai daerah untuk mengujicobakan berbagai senjata sejak bertahun-tahun lalu. Hanya saja, untuk mengujicobakannya tidak dilakukan secara terang-terangan di permukaan, melainkan di bunker-bunker bawah tanah.

Menurut kabar, Dugway Proving Grounds memiliki luas sekitar 48 ribu hektar dan menjadi pusat uji coba senjata kimia Amerika Serikat yang nantinya dapat dipakai dalam peperangan atau operasinya ke negara yang dianggap musuh.

5. Olavsvern Naval Base

Olavsvern Naval Base adalah suatu tempat yang mirip bunker raksasa yang dibangun selama Perang Dingin berlangsung. Tempat ini terletak di bawah pegunungan yang di dalamnya terdiri dari banyak bangunan sampai dengan memiliki dermaga khusus sendiri yang langsung dapat menuju laut bebas.

Kabarnya, Olavsvern Naval Base kuat terhadap serangan bom apapun dan memiliki luas sekitar 270 ribu meter persegi. Hanya saja, setelah tiga dekade usai Perang Dingin berakhir, Olavsvern Naval Base tidak lagi digunakan dan ditinggalkan begitu saja.
Memang adalah wajar jika sebuah negara ingin menyembunyikan pangkalan militer rahasianya. Dengan begitu mereka bisa leluasa melakukan apa pun demi mencapai tujuan-tujuan khusus. Indonesia sendiri diketahui belum memiliki tempat yang semacam ini. Kalau melihat dari fungsi, memang sebaiknya negara membangun fasilitas macam itu biar bisa semakin mengejutkan dunia. Domino QQ


EmoticonEmoticon