Minggu, 06 Mei 2018

Eksotisme Tanah Oksibil yang Belum Tersentuh Modernisasi

Tags


Jika berbicara tanah Papua, masyarakat pasti akan langsung terngiang dengan Raja Ampat. Ya, kepulauan ini berhasil mencuri perhatian bukan hanya wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan asing.  Situs Judi Online

Tempat ini memang sangat populer bagi mereka yang menyukai wisata bawah laut. Raja Ampat pun berhasil menjadi kepulauan terbaik di dunia dan berhasil mengalahkan kepulauan Galapagos di Amerika. Tetapi, keindahan Papua tidak hanya seputar Raja Ampat.

Mutiara Hitam dari Timur ini juga memiliki serentetan alam yang indah, namun belum terekspos hingga ke telinga para traveler. Sebut saja salah satunya Oksibil, ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang Papua. Oksibil ini ternyata memiliki destinasi pariwisata yang cukup potensial untuk dikembangkan.

Bupati Oksibil, Costan Oktemka, saat berbincang dengan awak media di Alenia Papua Coffee and Kitchen,  Kemang Jakarta Selatan, menyebut bahwa pariwisata masih menjadi hal baru bagi warga setempat di sana. Ini mengingat mayoritas masyarakat setempat yang berprofesi sebagai petani kopi.

Meski demikian, dirinya berupaya menghidupkan pariwisata desa setempat melalui kopi. Tidak hanya itu, keterbatasan infrastruktur juga membuat daerah ini belum tersentuh.

Puncak Mandala

Costan pun menyebut beberapa potensi pariwisata di daerahnya, yang ingin diperkenalkannya kepada masyarakat. Beberapa lokasi cantik yang direkomendasikannya adalah Puncak Mandala.

Dia menyebut, puncak Mandala menjadi salah satu dari tiga gunung selain gunung Cartens di Papua yang puncaknya ditutupi oleh salju.

"Kami memiliki keindahan alam yang memang belum tersentuh, salah satunya puncak Mandala, puncak ini bersalju. Sebetulnya selain puncak Cartens di Papua ada tiga puncak yang bersalju, seperti puncak Mandala, puncak Cartens dan satunya lagi adalah puncak Trikora,"


Dia menambahkan, hingga kini kecantikan puncak Mandala pun hanya bisa disaksikan menggunakan helikopter.

"Ke Puncak Mandala masih tersimpan misteri belum tersentuh, lihatnya melalui helikopter. Tapi kalau mendaki ke sana lumayan tantangannya," tambah dia.

Tidak sampai di situ, bagi Anda pecinta petualangan bisa juga melakukan trekking ke puncak Antares, dia menyebut bahwa di puncak Antares Anda bisa menemukan anggrek dan pohon yang semuanya diselimuti oleh lumut. Pemandangannya pun begitu indah.

Namun sayang, tempat itu hanya bisa dijangkau menggunakan helikopter.

"Kalau trekking bisa, menginap semalam mereka sampai di puncaknya besok," jelas dia.

Di sini juga bisa dinikmati di beberapa air terjun cantik seperti Kolbung, Tembung, Anorbung, Kukopbung, Okbon Bung.

Akses menuju Oksibil 

Untuk mencapai daerah ini, Anda bisa melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Sentani selama kurang lebih 5,5 jam (penerbangan langsung). Kemudian dari Sentani Anda harus melakukan penerbangan dengan menggunakan pesawat perintis, seperti Trigana Air selama 45 menit.

Namun untuk ke sana penerbangan hanya ada pada pukul 07.00 dan 10.00. Sedangkan untuk kembali ke Sentani dari Oksibil penerbangan hanya ada pada pulul 08.00 dan pukul 11.00.  BANDAR POKER ONLINE


BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya