Jumat, 16 Maret 2018

Misteri Antariksa: 3 Planet Mirip Bumi Layak Huni

Tags


TEMPO.CO, California - Ilmuwan kembali menguak misteri antariksa. Tiga di antara tujuh planet di luar tata surya (eksoplanet) yang mengorbit pada bintang Trappist-1 yang ditemukan pada Maret 2017 layak huni lantaran memiliki kandungan gas hidrogen pada astmosfer dan air. Situs Judi Online

Ketujuh planet tersebut adalah Trappist-1 b, c, d, e, f, g, dan h. Tiga planet yang memiliki bumi ialah planet Trappist-1 e, f, dan g. Bahkan, menurut studi yang dilakukan oleh tim dari University of Birmingham itu, jumlah airnya sama dengan bumi.

"Dan mungkin saja kandungan airnya akan bertahan dalam jangka waktu hingga miliaran tahun," kata Amaury Triaud, peneliti astrofisika yang menjadi anggota studi, seperti dikutip dari laman kampus mereka.

Triaud menjelaskan, ketujuh planet ini berada di zona goldilocks alias berada di posisi yang memungkinkan suhu planet tidak terlalu panas atau dingin. Dampaknya, gas hidrogen dari dalam planet yang dimuntahkan ke lapisan atmosfer bisa menghangatkan permukaan.

Namun, untuk sementara, Triaud dan tim belum bisa mengungkap berapa jumlah kandungan gas dan air tersebut hingga benar-benar bisa mendukung kehidupan.

Selain sistem Trappist-1, ada planet mirip bumi lain. Pada Juni 2017, misalnya, ditemukan 219 eksoplanet lain yang 10 di antaranya punya ciri khas mirip bumi. Dengan ditemukannya 219 planet tersebut, total ada 4.034 eksoplanet yang siap untuk diteliti.

"Penemuan ini semakin membuat kita bertanya, benarkah kita sendirian di alam semesta ini?" kata Susan Thompson, ilmuwan Teleskop Antariksa Kepler dari SETI Institute. BANDAR POKER ONLINE


BandarQ Domino 99 Domino QQ Poker Online Terbaik Dan Terpercaya